kumparan
27 November 2019 22:41

Anies: Jalur Sepeda Ubah Perilaku, Jalan Raya Dipakai Bersama

PTR, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Pemprov DKI Jakarta akan merangkul komunitas sepeda untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan sepeda sebagai transportasi sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dengan adanya contoh dari komunitas sepeda, ia ingin mengubah perilaku masyarakat dalam menggunakan jalan raya. Anies ingin membuat masyarakat terbiasa untuk berbagi dalam penggunaan jalan bersama dengan kendaraan lainnya.
"Tapi ini membangun kebiasaan untuk berbagi dalam semua aspek termasuk berbagi ruang di jalan raya. Bahwa jalan raya itu, jalan besar ada unsur yang di pakai pejalan kaki, ada yang dipakai untuk bersepeda, ada yang dipakai motor roda dua dan empat," kata Anies di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Rabu (27/11).
"Ini harus ditumbuhkan sebagai kebiasaan. Sehingga, marka-marka jalan itu dipakai sebagai petunjuk atau pengingat. Tapi tujuannya adalah perubahan perilaku bahwa di jalan raya kita gunakan bersama-sama. Jadi, tujuan akhirnya itu," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, mantan Mendikbud itu menuturkan, budaya masyarakat berlalu lintas akan semakin baik dengan adanya kebiasaan untuk berbagi ruas jalan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan arahan rancangan KUA-PPAS dan RAPBD 2020 kepada SKPD
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan arahan rancangan KUA-PPAS dan RAPBD 2020 kepada SKPD. Foto: Youtube/@PEMPROV DKI JAKARTA
"Kalau dia sudah menjadi kebiasaan, maka kita akan merasakan budaya berlalu lintas yang lebih baik. Karena itu, kita berkomitmen untuk membangun jalur (sepeda) ini seluas mungkin," ucapnya.
Dalam kesempatan yang sama, anggota komunitas Bike to Work, Putut Soedarjanto menuturkan keberadaan jalan raya tidak hanya diperuntukkan bagi kendaraan bermotor. Ia ingin Jakarta sebagai kota yang ramah bagi seluruh kebutuhan masyarakat.
"Ingin kita sampaikan bagaimana kita bisa membuat bersama-sama gotong royong antara masyarakat, DPRD, Pemprov membuat kota ini ramah untuk manusia bukan mesin. Maka, yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat, ayo sama-sama kita membuat kota ini membuat jalan raya ini aman nyaman dan menggembirakan bagi semua penggunanya," kata dia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan