kumparan
17 Februari 2020 12:44

Anies: Jangan Salah, TOD Itu Ubah Mindset Warga Beralih ke Transportasi Umum

PTR- Penandatanganan kontrak kerja sama pembangunan MRT
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sambutan di acara Penandatanganan kontrak kerja sama pembangunan MRT Fase 2 di Stasiun MRT Bundaran HI. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus mengupayakan pembangunan transportasi umum termasuk integrasinya. Transportasi umum yang saling terintegrasi diharapkan bisa mengubah kebiasaan warga Jakarta agar mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.
ADVERTISEMENT
Usai menandatangani perjanjian kerja sama pembangunan konstruksi MRT Fase II Bundaran HI-Ancol Barat, Anies meyakini Transit Oriented Development (TOD) yang akan dibangun di sekitar stasiun MRT dapat mengubah cara pandang masyarakat.
"Disampaikan juga oleh Pak Dirut MRT tentang transformasi visi kita, dari car oriented development menjadi transit oriented development," kata Anies di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (17/2).
Penandatanganan kontrak kerja sama pembangunan MRT
Suasana di acara Penandatanganan kontrak kerja sama pembangunan MRT Fase 2 di Stasiun MRT Bundaran HI. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
"TOD sering dipahami sebagai pembangunan kompleks perumahan sekitar stasiun, bukan itu. TOD adalah mengubah mindset dari menggunakan kendaraan pribadi menjadi pengguna kendaraan umum," lanjutnya.
Anies menjelaskan, pembangunan moda transportasi umum harus mengikuti perkembangan pola tata ruang. Sebab, keduanya merupakan satu kesatuan yang harus saling memenuhi, agar tercapainya tujuan mengubah perilaku warga Jakarta.
ADVERTISEMENT
"Bagaimana perencanaan transportasi itu mencerminkan perencanaan tata ruang? Karena bagaimana pun juga mobilitas penduduk dan rencana tata ruang itu harus menjadi sebuah kesatuan. Ini yang selama dua tahun ini didorong di Jakarta," terangnya.
Penandatanganan kontrak kerja sama pembangunan MRT
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sambutan di acara Penandatanganan kontrak kerja sama pembangunan MRT Fase 2 di Stasiun MRT Bundaran HI. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
"Reform tata ruang dengan reform transportasi umum itu mencerminkan satu irisan yang sama. Dengan begitu, kita nanti bisa mendorong agar pemukiman penduduk, moda transportasi umum itu berjalan dalam visi yang sama," lanjutnya.
Sejauh ini, Anies terus mendorong peningkatan pembangunan, fasilitas, mau pun transportasi publik. Mulai dari TransJakarta hingga MRT kini sudah banyak yang saling diintegrasikan.
Sebelumnya, selain memulai pengerjaan konstruksi pembangunan Fase II, PT MRT Jakarta juga sekaligus fokus menggarap TOD.
“Pembangunan seluruh Stasiun MRT Fase II ini akan langsung dikerjakan dengan pengembangan TOD yang meliputi penataan jalur pejalan kaki, pesepeda, penyiapan infrastruktur kawasan, RTH, hingga pendirian perumahan terjangkau,” ungkap Dirut PT MRT William Sabandar.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan