kumparan
7 Okt 2018 20:57 WIB

Anies: Saya Baru Satu Tahun, Masih Banyak PR yang Harus Dikerjakan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memotong tumpeng di acara Kongres JRMK, Kampung Rawa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (Foto: Maulana Ramadhan/kumparan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Kongres Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Jakarta di Kampung Rawa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (7/10). Di sela-sela penyampaian pidatonya, Anies mengaku masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan selama setahun menjabat gubernur.
ADVERTISEMENT
"Saya baru tugas satu tahun, masih banyak PR (pekerjaan rumah) yang harus diselesaikan. Saya punya tanggung jawab konstitusional, teman-teman aktivis di sini tidak punya tanggung jawab konstitusional," ujar Anies.
Anies menambahkan, selama periode pemerintahannya berjalan, berbagai program sudah ia jalani meski belum semuanya rampung. "Tapi kalau kita tidak mensyukuri, nanti kita kufur. Karena itu kita syukuri, sambil kita teruskan mengerjakan PR yang belum tuntas," lanjutnya.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri kongres JRMK di Kampung Rawa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (7/10) (Foto: Maulana Ramadhan/kumparan)
Dalam peringatan Hari Habitat Internasional ini, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengucapkan terimakasih atas keterlibatan JRMK dalam pemberdayaan masyarakat Jakarta. Pada kesempatan ini pula, JRMK turut merayakan setahun kepemimpinan Anies di Jakarta.
Salah satu program yang telah diluncurkan adalah Community Action Planning (CAP). Program ini merupakan ajang kolaborasi antara pemerintah daerah dengan warga untuk mendorong pembangunan lingkungan. Januari 2018 silam, Anies telah meresmikan 16 kampung di Jakarta berbasis CAP, salah satunya di Kampung Rawa.
ADVERTISEMENT
"Kalau bilang sesuai dengan harapan, pastinya belum. Tapi paling tidak di pemerintahan pak Anies ini bisa menunjukkan, oh bisa kok warga bekerja sama dengan pemerintah daerah," tutur Ketua JRMK Eny Rochayati di kesempatan yang sama.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan