kumparan
News23 Mei 2020 9:36

Anies: Tahun Ini Gaungkan Takbir dari Rumah, Tanpa Harus Berkeliling Keluar

Konten Redaksi kumparan
PTR-Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjelaskan langkah antisipasi sebaran dan pertahanan di masa pandemi virus corona. Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warganya tahun ini tidak perlu melakukan takbir keliling. Ia meminta gema takbir dilakukan dari rumah masing-masing.
ADVERTISEMENT
Pesan ini disampaikan Anies melalui akun media sosialnya @aniesbaswedan, karena saat ini Jakarta masih pandemi virus corona.
"Di penghujung bulan suci Ramadhan, kita biasa menyaksikan takbir keliling, takbiran yang mewarnai Ibu Kota. Tahun ini, takbir itu tetap menggema, tapi takbir itu tidak bergaung di jalan-jalan. Takbir itu kini bergaung di tiap-tiap rumah, di tiap-tiap ruang di dalam rumah kita. Di rumahku, takbirku," kata Anies dalam pesan videonya, Sabtu (23/5).
Anies Baswedan di Masjid Istiqlal
Anies memberikan kata sambutan di Masjid Istiqlal Foto: Nugroho Sejati
Menurut Anies, apabila warga menggemakan takbir dari rumah, maka bisa menjadi pahlawan dalam melawan wabah virus corona.
"Kita gemakan kalimat takbir, kita gaungkan pesan takbir, tanpa kita harus berkeliling keluar," tutur Anies.
Selain itu, dalam pesan video berdurasi empat menit itu, ia berpesan agar Idul Fitri tahun ini tetap berada di rumah saja, serta tak perlu bertemu fisik dengan sanak saudara maupun rekan-rekan.
ADVERTISEMENT
Meski momen Idul Fitri tahun ini berbeda, namun Anies menekankan silaturahmi tak boleh renggang. Dalam momen ini justru silaturahmi harus semakin kuat.
"Tetapi, bukan berarti ikatan silaturahmi menjadi renggang. Justru ikatan silaturahmi harus menjadi semakin kuat, harus makin erat. Kita semua merasa sepersaudaraan, sesama umat manusia menghadapi ancaman pandemi yang sama," ungkapnya.
Dalam kesempatan itu juga, ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak-pihak yang selama ini telah berjuang di lapangan. Termasuk juga tenaga kesehatan yang tanpa lelah menyelamatkan warga Jakarta yang terpapar virus corona.
"Kepada mereka, kita sampaikan apresiasi dan terima kasih yang tak terhingga. Anda, telah menjadi pertahanan kita yang memastikan bahwa setiap orang yang diantar ke dalam rumah sakit akan bisa kembali ke keluarganya, berkumpul dengan keluarganya," tutup Anies.
ADVERTISEMENT
Di akhir video, Anies mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri kepada seluruh warga Jakarta.
Hingga Jumat (22/5), jumlah kasus positif virus corona di Jakarta telah mencapai 6.316 orang. Anies dan jajaran Pemprov DKI telah mengeluarkan imbauan untuk tidak mudik dan bersilaturahmi secara online pada momen Idul Fitri tahun ini.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.