Anies Yakin Jokowi Jaga Demokrasi, Tak Gunakan Fasilitas Negara untuk Gibran

24 Oktober 2023 16:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama mantan Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj menghadiri peringatan Hari Santri di Lapangan Dlimas Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (22/10/2023) malam. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama mantan Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj menghadiri peringatan Hari Santri di Lapangan Dlimas Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (22/10/2023) malam. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan yakin bahwa Presiden Jokowi tidak akan menggunakan fasilitas negara untuk memenangkan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.
ADVERTISEMENT
"[Khawatir Gibran pakai fasilitas negara] Rasanya enggak. Semua media nonton, semua rakyat nonton, betul enggak? Sekarang semua orang jadi reporter. Bagaimana bisa menjaga semua yang sifatnya pelanggaran, takutnya apa? Pemberitaan," kata Anies kepada wartawan di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (24/10).
Anies juga yakin bahwa Presiden Jokowi akan menjaga netralitasnya dengan tidak menggunakan fasilitas negara untuk memenangkan Wali Kota Solo itu yang saat ini telah dideklarasikan sebagai cawapres pendamping Prabowo.
"Enggak lah. Kami yakin presiden akan bersikap netral, presiden akan menjaga agar kewibawaan proses demokrasi kita tetap tinggi, dan keren kan kalau menang netral," ucapnya.
Bacapres Anies Baswedan saat di acara Desak Anies Jogja di Eternity Coffee, Kabupaten Sleman, Minggu (22/10/2023). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Sebelumnya, Bakal cawapres dari Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar tak takut menghadapi dua pasangan lainnya di Pilpres 2024. Keduanya, yakni Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran.
ADVERTISEMENT
Banyak pihak yang menilai, Gibran cukup kuat karena dibekingi Presiden Jokowi. Cak Imin kemudian ditanya soal beking itu. Cak Imin, memberi jawaban.
"Kemarin saya senang, Pak Jokowi mengeluarkan pernyataan bahwa tiga calon ini ya harus didukung di kesempatan yang sama. Itu pernyataan yang menjawab pertanyaan ini [soal bekingan Jokowi untuk Gibran]," tegas Cak Imin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/10).
Saat acara Apel Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Presiden Jokowi sempat menyebut sebagai orang tua ia hanya bisa mendoakan dan merestui langkah anaknya. Semua keputusan, kata Jokowi, ada di tangan Gibran karena ia dinilai sudah dewasa.
"Ya orang tuanya hanya tugasnya mendoakan dan merestui. Keputusan semua sudah dewasa, jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita," ujar Jokowi usai menghadiri acara Apel Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10).
ADVERTISEMENT