News
·
28 Juli 2021 13:03
·
waktu baca 2 menit

Anwar Abbas soal Ketua MUI Labura Tewas Dibunuh: Terkutuk, Bongkar Motifnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Anwar Abbas soal Ketua MUI Labura Tewas Dibunuh: Terkutuk, Bongkar Motifnya (230963)
searchPerbesar
Anwar Abbas. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas, mendesak pihak kepolisian segera membongkar motif pembunuhan terhadap Ketua MUI Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara, Aminurrasyid Aruan. Ia berharap polisi dapat menjatuhkan hukuman yang setimpal dengan perbuatan yang dilakukan pelaku.
ADVERTISEMENT
"MUI meminta pihak kepolisian untuk dapat sesegera mungkin membongkar motif dari pembunuhan ini. Dan memprosesnya untuk diseret ke pengadilan, dijatuhi hukuman yang seadil-adilnya yang setimpal dan sepadan dengan tindakan yang telah dilakukannya tersebut," ujar Anwar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/7).
"Ini jelas-jelas merupakan sebuah tindakan yang sangat tidak terpuji dan sangat terkutuk," sambungnya.
Anwar menjelaskan, MUI turut mengutuk keras tindakan pelaku pembunuhan yang diketahui bernama Suprianto alias Anto Dogol (35). Selain melawan, ia menilai tindakan menghilangkan nyawa seseorang jelas berseberangan dengan aturan agama, termasuk agama Islam.
"Hal ini sangat penting ditegakkan kepada yang bersangkutan agar semua orang menyadari bahwa nyawa manusia itu adalah sangat bernilai dan berharga. Apalagi di dalam agama Islam, menghilangkan nyawa satu orang itu sama artinya dengan menghilangkan nyawa seluruh umat manusia di atas muka bumi ini," ungkap Anwar.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, Anwar merasa layak bagi pelaku pembunuhan untuk dijatuhi hukuman berat atas tindakannya.
"Perbuatan ini benar-benar merupakan sebuah perbuatan dan tindakan yang sangat biadab dan terlaknat yang tidak boleh ditolerir sama sekali. Untuk itu, bagi tegaknya keadilan yang bersangkutan harus dijatuhi hukuman yang seberat-beratnya," tegas dia.
Anwar Abbas soal Ketua MUI Labura Tewas Dibunuh: Terkutuk, Bongkar Motifnya (230964)
searchPerbesar
Ilustrasi pembunuhan Foto: Muhammad Faisal Nu'man/kumparan
Terakhir, ia juga mengapresiasi kinerja cepat kepolisian yang berhasil meringkus pelaku pembunuhan.
"MUI memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak kepolisian, terutama kepada Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan dan anak buahnya, yang dalam waktu singkat dapat mengungkap dan menangkap si pelaku," tutup Anwar.
Sebelumnya, Ketua MUI Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, bernama Aminurrasyid ditemukan tewas dengan kondisi penuh luka pada Selasa (27/7). Korban pertama kali ditemukan dalam posisi telungkup di parit. Selain itu, salah satu pergelangan tangannya putus.
ADVERTISEMENT
Setelah dilakukan proses pencarian, akhirnya pihak Polres Labuhanbatu berhasil meringkus pelaku pembunuhan. Pelaku yang diketahui bernama Suprianto alias Anto Dogol (35) ditangkap di areal perkebunan sawit yang berada tak jauh dari lokasi kejadian.