kumparan
9 Oktober 2019 20:21

Anwar Ibrahim Silaturahmi ke Rumah Mendiang BJ Habibie

Dato Anwar Ibrahim dan Thariq Habibie
Dato Anwar Ibrahim disambut Thariq Habibie saat tiba di kediaman BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Politikus senior Malaysia, Anwar Ibrahim, menyambangi kediaman mendiang Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (9/10) malam.
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan di lokasi, Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia ini tiba sekitar pukul 20.00 WIB didampingi oleh lima orang delegasi dari negaranya.
Kedatangan Anwar diterima langsung oleh putra kedua BJ Habibie, Thareq Habibie. Anwar diagendakan untuk bertakziah dan bersilaturahmi dengan dengan keluarga mendiang BJ Habibie.
Ini merupakan kali pertama, Anwar mengunjungi keluarga BJ Habibie. Seperti diketahui, Habibie tutup usia pada 11 September 2019 lalu.
Anwar memang dikenal memiliki hubungan yang cukup dekat dengan BJ Habibie. Kedekatan Anwar dan Habibie terlihat jelas pada 2018. Selepas keluar tahanan, Anwar langsung terbang ke Indonesia menemui Habibie.
Anwar Ibrahim sambangi kediaman Presiden ke-3 BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu
Anwar Ibrahim sambangi kediaman Presiden ke-3 BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (9/10). Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Saat itu, Habibie mengakui dia dan Anwar punya pemikiran yang sama, yaitu pro-rakyat.
"Saya menerima kabar sedih dari Indonesia bahwa teman dekat dan terpercaya saya yang merupakan BJ Habibie meninggal dunia," kata Anwar seperti dikutip dari Malaysiakini, Kamis (12/9).
ADVERTISEMENT
Anwar mengatakan, Habibie tidak cuma seorang sahabat. Ia sudah menganggap Habibie layaknya keluarga sendiri.
"BJ Habibie adalah seorang yang saya anggap saudara, beliau sangat khawatir mengenai apa yang saya derita sesuai saya operasi setelah lepas dari penjara," sambung dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan