Arus Balik Dimulai, Antrean Bagasi Penumpang di Bandara Soetta Mengular

14 April 2024 14:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Antrean Pemudik di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (14/4/2024) Foto: Dok kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Antrean Pemudik di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (14/4/2024) Foto: Dok kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di masa arus balik Lebaran, jumlah penumpang dan pasawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, mulai mengalami peningkatan, Minggu, (14/4). Antrean bagasi pun mengular.
ADVERTISEMENT
Pantauan di area baggage drop penerbangan domestik, Terminal 3, tampak antrean yang mengular untuk melakukan kepengurusan barang di bagasi.
Akibatnya, petugas Avsec (aviation security) dan pihak maskapai pun, melakukan penambahan line atau jalur antrean untuk menghindari penumpukan.
Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Holik Muardi mengatakan, jelang puncak arus balik mudik yang diprediksi terjadi pada hari ini dan besok, Senin, 15 April 2024, pihaknya telah melakukan antisipasi.
"Kita antisipasi antrean atau penumpukan di area bagasi. Salah satunya, meningkatkan koordinasi dengan maskapai untuk antisipasi hal-hal tersebut, terutama bagian groundhandling," katanya.
Antrean Pemudik di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (14/4/2024) Foto: Dok kumparan
Untuk area kedatangan, Holik menyebutkan area conveyor belt jadi perhaitan. Koordinasi pun dilakukan.
"Kalau kita antisipasi di fasilitas, seperti conveyor belt, gimana nanti tidak menumpuk. Makanya, kemarin kita sudah rapat dipimpin Otoritas Bandara, seluruh maskapai juga hadir untuk antisipasi hal-hal itu, baik tambahan petugas, seperti lion yang akan nambah sekitar 100 petugas," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu untuk hari ini, pergerakan penumpang baik yang tiba maupun yang berangkat melalui Bandara Soetta pada angkutan lebaran 2024 ini telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan kemarin, Sabtu, 13 April 2024.
"Hari ini meningkat dibandingkan dengan kemarin, total ada 173.846 penumpang sedangkan kemarin ada 150.376 penumpang. Dan dominasi ada di kedatangan," ungkapnya.