News
·
9 Maret 2021 11:43

Bahaya Memberi Makan Kuda Nil Sampah Plastik: Sumbatan hingga Kematian

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bahaya Memberi Makan Kuda Nil Sampah Plastik: Sumbatan hingga Kematian (996401)
searchPerbesar
Tangkapan laya seekor kudanil Taman Safari Indonesia telan sampah yang dilempar pengunjung. Foto: Dok. Istimewa
Seekor kudanil di Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor, Jawa Barat, mendadak viral. Musababnya, kuda nil yang diketahui bernama Ari dan berusia 11 tahun itu diberi makan sampah plastik oleh pengunjung. Netizen dan pemerhati hewan pun mengecam tindakan pengunjung yang memberi makan sampah plastik ke kuda nil itu. Belakangan, pengunjung yang memberi makan kuda nil itu minta maaf. Kini, kondisi kuda nil itu sedang diobservasi oleh tim dokter hewan Taman Safari Indonesia Bogor. Hasil observasi sementara, di feses kuda nil itu tidak ditemukan benda-benda asing seperti sampah plastik. Diduga kuda nil langsung memuntahkan sampah plastik itu.
Bahaya Memberi Makan Kuda Nil Sampah Plastik: Sumbatan hingga Kematian (996402)
searchPerbesar
Kudanil di Taman Safari. Foto: kumparan
Dokter Hewan Taman Safari Indonesia, Bongot Huaso Mulia, menjelaskan bahaya kuda nil menelan sampah plastik dari pengunjung. Hal yang membuat bahaya adalah terjadinya penyumbatan di saluran pencernaan hingga menimbulkan kematian.
ADVERTISEMENT
"Tentu kalau termakan atau tertelan bisa menyebabkan kematian ataupun terjadinya sumbatan. Tetapi dari feses yang kita pantau tidak ada kelainan, normal," ujar Bongot di kantornya, Selasa (9/3). Bongot mengatakan setiap satwa sejatinya akan memuntahkan lagi benda asing yang bukan makanannya. Namun meski demikian, tetap saja harusnya pengunjung tidak memberi makanan berupa sampah plastik.
"Sudah dikeluarkan menolaklah seperti satwa lainnya, kalau tidak bukan makanannya ditolak," kata Bongot.