kumparan
3 Oktober 2019 23:11

Bamsoet Berterima Kasih ke Mega-Prabowo, Ajak Ingat Jasa Taufiq Kiemas

Sidang Paripurna MPR, Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo memberikan salam usai terpilih sebagai Ketua MPR terpilih periode 2019-2024 saat Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Bambang Soesatyo (Golkar) resmi terpilih sebagai Ketua MPR secara aklamasi dalam sidang paripurna yang berlangsung pada Kamis (3/10) malam.
ADVERTISEMENT
Bamsoet sempat bersaing dengan Ahmad Muzani (Gerindra). Meski sempat ngotot mengusung Muzani, Gerindra akhirnya legawa setelah ada kesepakatan antara ketua umum Prabowo Subianto dengan ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Atas keputusan bersama antara Prabowo-Megawati, Bamsoet dalam pidato perdananya sebagai ketua MPR tak lupa menghaturkan terima kasih kepada keduanya.
"Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu (Megawati) Soekarnoputri, yang telah memberikan dorongan agar pemilihan pimpinan MPR bisa berjalan dengan musyawarah mufakat," kata Bamsoet di gedung 'Kura-kura', Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10) malam.
"Kami juga berterimakasih kepada bapak Prabowo Subianto, dan Bapak Surya Paloh, Bapak Airlangga Hartanto, Bapak Suharso Monoarfa sehingga kami di tempat ini dilahirkan atas dasar musyawarah mufakat," sambungnya.
Sidang Paripurna MPR,
Ketua MPR RI terpilih periode 2019-2024 Bambang Soesatyo (tengah) mengangkat palu saat Sidang Paripurna MPR di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Bamsoet juga mengajak seluruh anggota MPR untuk mendoakan almarhum Taufiq Kiemas, yang menjadi pionir sosialisasi empat pilar kebangsaan. Yang hingga kini menjadi salah satu tupoksi MPR.
ADVERTISEMENT
"Terkait dengan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, kita tidak boleh melupakan jasa almarhum Bapak Doktor Taufiq Kiemas, Ketua MPR RI Masa Bakti 2009-2014, karena beliaulah yang mempelopori sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, yang dilaksanakan sampai sekarang ini. Saya ingin mengajak hadirin sekalian, para anggota majelis yang terhormat untuk mendoakan beliau," ujar mantan Ketua DPR itu.
Bamsoet lalu meminta dukungan kepada seluruh anggota MPR, agar dapat bersama-sama berperan menjalankan sosialisasi empat pilar di daerahnya masing-masing.
"Oleh karena itu, kami sangat berharap, tugas yang cukup berat ini mendapatkan dukungan penuh dari seluruh anggota MPR, yang juga berperan sebagai agen empat pilar di daerah pemilihannya masing-masing," tandasnya.
Pimpinan MPR terpilih nantinya akan melantik presiden dan wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, pada 20 Oktober mendatang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan