News
·
24 Maret 2020 6:55

Beberapa Mal di Jakarta yang Tutup karena Wabah Virus Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Beberapa Mal di Jakarta yang Tutup karena Wabah Virus Corona (180680)
Suasana di Plaza Indonesia, Selasa siang (3/3). Foto: Moh Fajri/kumparan
Wabah virus corona di Indonesia masih meluas. Berdasarkan data hingga Senin (23/3), total 579 pasien positif virus corona. Dari jumlah itu, 49 di antaranya meninggal dunia dan 30 pasien dinyatakan sembuh.
ADVERTISEMENT
Sementara dari sebaran provinsi, jumlah pasien positif corona mayoritas berada di DKI Jakarta dengan 353 pasien positif corona, di mana 23 pasien sembuh dan 29 pasien meninggal.
Meluasnya virus corona di Jakarta membuat Dinas Pariwisata DKI menyerukan pengusaha menutup tempat hiburan dan rekreasi. Seruan itu termaktub dalam Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 155/SE/2020.
"Jadi mengingat coronavirus yang mengkhawatirkan, kami menutup usaha hiburan selama 2 pekan dari 23 Maret sampe 5 April 2020," ujar Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, di Balai Kota Pemprov DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/3) lalu.
Beberapa Mal di Jakarta yang Tutup karena Wabah Virus Corona (180681)
Senayan City sepi pengunjung. Foto: Dok. Alia Soraya
Usai terbitnya seruan tersebut, beberapa mal di Jakarta mengikutinya.
ADVERTISEMENT
Dari pengumuman yang diterima kumparan, Senin (23/3), mal yang mulai menyetop aktivitasnya yakni Senayan City dan Lippo Puri Mal.
Kedua mal di Jakarta tersebut mulai menyetop aktivitasnya dimulai Senin (23/3) sampai Minggu (5/4). Keduanya serentak menghentikan aktivitas, mulai dari bioskop hingga aktivitas tempat hiburan lainnya.
“Sehubungan dengan dikeluarkannya surat edaran dinas pariwisata dan ekonomi kreatif provinsi DKI nomor 60/SE/2020 tentang penutupan sementara kegiatan operasional industri pariwisata dalam upaya kewaspadaan terhadap penularan COVID-19. Kami akan tutup per tanggal 23 Maret hingga 5 April,” kata Management Lippo Mall Puri di akun medsos resminya.
Tak hanya dua mal itu, Plaza Indonesia yang berada di jantung Jakarta juga memutuskan menutup operasional sementara.
ADVERTISEMENT
General Manager Tenant Comm. Relations, Customer Service & SQA Plaza Indonesia, Stella Kohdong, mengatakan penutupan tersebut untuk mencegah penyebaran virus corona.
“Oleh karena itu, manajemen PT Plaza Indonesia Realty Tbk telah memutuskan sebagai berikut, Plaza Indonesia akan tutup sementara waktu terhitung dari tanggal 25 Maret sampai 3 April 2020,” kata Stella berdasarkan keterangan tertulisnya, Senin (23/3).
Stella mengungkapkan, pihaknya memprioritaskan kesehatan dan keamanan baik dari karyawan Plaza Indonesia maupun para customer.
Beberapa Mal di Jakarta yang Tutup karena Wabah Virus Corona (180682)
Ilustrasi virus corona. Foto: Maulana Saputra/kumparan
“Sebagai perusahaan yang bertanggungjawab secara sosial, kami sepenuhnya mendukung upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) dan anjuran bagi karyawan untuk tinggal di rumah yang mencakup staf penyewa toko,” ujar Stella.
Di luar tiga mal tersebut, juga terdapat mal yang sudah mengurangi jam operasionalnya demi mengantisipasi virus corona.
ADVERTISEMENT
Mal-mal tersebut yakni Plaza Semanggi, Kuningan City, dan Summarecon Mall Kelapa Gading. Ketiga mal itu rata-rata membatasi jam operasionalnya mulai pukul 11.00 hingga 20.00 WIB.