News
·
24 Februari 2021 11:55

Berada di Thailand, Menlu Retno Bahas Krisis di Myanmar Usai Kudeta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berada di Thailand, Menlu Retno  Bahas Krisis di Myanmar Usai Kudeta (123668)
Menlu RI Retno Marsudi saat memimpin pertemuan COVAX-AMC Engagement Group yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (27/1). Foto: Kemlu RI
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, melakukan kunjungan ke Bangkok, Thailand pada Rabu (24/2). Dia berada di Negeri Gajah Putih untuk membahas perkembangan krisis di Myanmar.
ADVERTISEMENT
Menurut keterangan juru bicara Kemlu, Teuku Faizasyah, Menlu Retno sedang berkonsultasi dengan Menlu Thailand soal upaya membantu menyelesaikan permasalahan di Myanmar.
"Betul, ibu Menlu sedang di Bangkok dalam rangka berkonsultasi mengenai upaya ikut membantu mengatasi permasalahan di Myanmar," ucap Faizasyah kepada kumparan, Rabu (24/2).
Faizasyah juga menyampaikan kemungkinan adanya aspek kerja sama lainnya dalam kunjungan Menlu Retno di Thailand saat ini. Namun, hal tersebut masih belum dapat dipastikan.
"Biasanya ada aspek kerja sama bilateral juga. Saya belum mendapat update saat ini," sambungnya.
Berada di Thailand, Menlu Retno  Bahas Krisis di Myanmar Usai Kudeta (123669)
Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah. Foto: Kemlu RI
Thailand menjadi negara ketiga di ASEAN yang dikunjungi Retno. Sebelumnya, Retno sudah melawat ke Brunei dan Singapura.
Di dua negara itu, Retno juga membahas perkembangan Myanmar dan upaya berkontribusi untuk menyelesaikan krisis politik yang berujung krisis keamanan.
ADVERTISEMENT
Myanmar saat ini tengah dilanda krisis setelah kudeta terhadap pemerintahan sipil terjadi pada 1 Februari 2021. Tindakan ini menarik perhatian negara-negara di dunia, termasuk ASEAN.
Retno sendiri juga membuka opsi untuk mengunjungi Myanmar dalam waktu dekat. Sebab, jika kunjungan dilakukan saat ini maka situasi dan kondisi di Myanmar dinilai masih belum kondusif.