kumparan
25 Maret 2019 9:26

Berangkat ke Balai Kota, Anies Jajal Integrasi MRT dan TransJakarta

Halte Bundaran HI
Busway berlalu lalang di kawasan Halte Bundaran HI, Jakarta. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal integrasi Moda Raya Terpadu (MRT) Fase I Bundaran HI-Lebak Bulus yang terhubung dengan Halte TransJakarta Bundaran HI saat berangkat ke Balai Kota. Dalam kesempatan ini, Anies meresmikan Halte TransJakarta pertama yang terintegrasi dengan MRT.
ADVERTISEMENT
“Pagi ini saya menggunakan MRT kemudian turun di Bundaran HI. Kita sudah membuka Halte Transjakarta yang terintegrasi dengan MRT. Jadi harapannya proses integrasi ini nanti akan terjadi di semua tempat,” kata Anies di Halte TransJakarta Bundaran HI, Jakarta, Senin (25/3).
Uji Coba Publik MRT Jakarta
Kereta MRT Jakarta. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Anies mengatakan, pengelolaan transportasi di Jakarta harus terintegrasi dengan baik. Namun, ia tak menampik integrasi MRT dan TransJakarta masih belum banyak dilengkapi fasilitas yang lengkap, khususnya bagi penyandang disabilitas.
“Nah, memang karena ini dibuat menjelang akhir, masih menggunakan tangga. Jadi bagi penyandang disabilitas itu harus menggunakan eskalator atau lift yang keluarnya adanya di sisi timur. Yang di sisi ini tidak bisa untuk penyandang disabilitas,” ujar Anies.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Transjakarta
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjajal transportasi Transjakarta. Foto: Moh Fajri/kumparan
Oleh karena itu, Anies meminta pengintegrasian MRT dan moda transportasi umum lainnya dilakukan secara bersama-sama. Ia ingin pengintegrasian moda transportasi umum dapat memudahkan masyarakat.
ADVERTISEMENT

“Tapi ini sekaligus menjadi pelajaran bahwa perencanaan tidak boleh sendiri-sendiri. Perencanaan harus terintegrasi. Ketika saya mulai bekerja saya tegaskan semuanya harus terintegrasi,” perintah Anies.

“Kita berharap di fase berikutnya semuanya sudah disiapkan untuk seluruh warga siapa pun mereka. Nah konsep integrasi hari ini kita rasakan bisa turun di stasiun MRT langsung pindah TransJakarta. Sebaliknya juga pengguna TransJakarta bisa langsung ke MRT,” kata Anies.
Halte Bundaran HI
Suasana di kawasan Halte Bundaran HI, Jakarta. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Setelah dari Halte Bundaran HI, Anies lalu melanjutkan perjalanannya ke Balai Kota menggunakan bus TransJakarta.
Video
Jaringan MRT Jakarta (NOT COVER)
Jaringan MRT Jakarta. Foto: Dok. MRT Jakarta
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan