News
·
7 November 2018 9:39

Bernie Sanders Menang Mudah dalam Pemilu Paruh Waktu AS

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bernie Sanders Menang Mudah dalam Pemilu Paruh Waktu AS (177628)
Bernie Sanders (Foto: AFP/Alex Edelman)
Bernie Sanders menang mudah dalam pemilu paruh waktu Amerika Serikat, Selasa (6/11). Sanders adalah satu dari dua politisi Demokrat pertama yang memenangi suara dalam pemilihan Kongres AS.
ADVERTISEMENT
Diberitakan AFP, dengan kemenangannya di Vermont ini Sanders kembali terpilih menjadi anggota Senat untuk ketiga kalinya. Pria 77 tahun ini mengalahkan calon anggota Senat dari Partai Republik, Lawrence Zupan.
Sanders yang digadang untuk maju dalam pemilu presiden 2020 adalah politisi independen yang berada di kaukus Demokrat. Dia pernah menantang Hillary Clinton dalam pemilihan calon presiden Demokrat pada pemilu presiden 2016.
Bernie Sanders Menang Mudah dalam Pemilu Paruh Waktu AS (177629)
Bernie Sanders (Foto: REUTERS/Brian Snyder/File Photo)
Selain Sanders, politisi pertama pemenang kursi Senat pada pemilu paruh waktu lainnya juga dari kubu Demokrat, yaitu Tim Kaine di Virginia. Kaine juga keok dari Clinton pada pemilihan calon presiden Demokrat pada 2016.
Perolehan suara Kaine unggul jauh dibanding Corey Stewart, penantangnya dari Republik. Stewart sebelumnya pernah menuai kecaman karena diduga terkait dengan kelompok-kelompok sayap kanan ekstrem.
ADVERTISEMENT
Pemilu paruh waktu pada 2018 digelar untuk memilih seluruh 435 anggota Dewan Perwakilan dan 35 dari 100 anggota Senat. Akan dipilih juga 36 gubernur negara bagian dalam pemilu kali ini.
Saat ini Republik memiliki kursi mayoritas di Dewan Perwakilan. Jika Demokrat merebut suara mayoritas dalam pemilu kali ini, maka laju pemerintahan Presiden Donald Trump untuk dua tahun ke depan diperkirakan akan sulit.