News
·
26 Februari 2019 13:18

Bibit Waluyo Klaim Semua Purnawirawan TNI di Jateng Dukung Prabowo

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bibit Waluyo Klaim Semua Purnawirawan TNI di Jateng Dukung Prabowo (703)
Mantan Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Mantan Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, mengklaim seluruh purnawirawan TNI di Jawa Tengah bulat mendukung Prabowo di Pilpres 2019. Mantan tentara dengan pangkat Letjen tersebut mengaku sudah berkeliling Jawa Tengah untuk mengetahui dukungan purnawirawan.
ADVERTISEMENT
“Di Jawa Tengah sepengetahuan saya semua (purnawirawan) mendukung (Prabowo) karena saaya sudah kiter-kiter (keliling) Jawa Tengah,” kata Bibit di Grand Pasific, Kabupaten Sleman, DIY, Selasa (26/2).
Dari perhitungan Bibit, jumlah purnawirawan TNI di Jawa Tengah mencapai 40 ribu orang. Jumlah itu diperkirakan bisa berkali lipat karena istri, anak, dan kerabat purnawirawan itu juga akan mendukung Prabowo.
Dukungan purnawirawan ke Prabowo menurut Bibit bukan tanpa alasan. Ada ikatan emosi mengingat Prabowo juga mantan tentara.
“Dulu berjuang bersama-sama waktu dinas dan sekarang sudah selesai diwadahi korps purnawirawan,” kata dia.
Dukungan purnawirawan juga dianggap penting. Meski sudah pensiun purnawirawan juga harus tetap dipertahankan dan dipelihara. Kesetiaan purnawirawan kepada negara juga tidak perlu dipertanyakan lagi.
ADVERTISEMENT
“Walaupun sudah purnawirawan tapi masih melihat mendengar, menyikapi situasi bangsa dan negara dalam kondisi kurang baik atau memprihatinkan maka purnawiran melakukan langkah-langkah tindakan saran masukan kepada tentara aktif,” kata dia.
“Kedua setia kepada korps. Ya korps TNI ya purnawirawan ya Polri. Ketiga setia kepada kawan sahabat. Saudara tahu pilpres 17 April mendatang ada dua calon presiden. Satu Jokowi, dua Prabowo. Dan Prabowo adalah mantan prajurit. Seluruh purnawairan kita harapkan mendukung keberhasilan Prabowo Subianto,” ujar dia. Bibit merupakan Gubernur Jawa Tengah periode 2008-2013. Dia maju sebagai pemimpin di Jawa Tengah pada pilgub Jateng 2018 berpasangan dengan Bupati Kebumen Rustriningsih. Pada saat itu, Bibit-Rustri didukung penuh PDI Perjuangan.
Bibit-Rustri terpilih pada Pilgub Jateng 2018 dengan perolehan suara terbanyak, yaitu 6.084.261 dari 14.007.042 suara sah pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 22 Juni 2008.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 2013, dia kembali mencalonkan jadi Gubernur Jawa Tengah. Bibit berpasangan dengan Rektor Universitas Negeri Semarang Sudijono Sastroamodjo. Di tahun 2013, Bibit-Sudijono tidak lagi diusung PDI Perjuangan, namun koalisi Partai Demokrat, PAN, dan Partai Golkar. Dia kalah oleh pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko yang diusung PDI Perjuangan di pemilihan gubernur tahun 2013.