kumparan
13 Januari 2020 14:15

BNPB Rancang Mitigasi Bencana Kawasan Pariwisata, Bali Jadi Prioritas

PTR, Kepala BNPB Doni Monardo
Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Foto: Denita br Matondang/Kumparan
Berbagai bencana alam masih mungkin terjadi Indonesia. BNPB kini mulai menyusun mitigasi bencana di kawasan pariwisata.
ADVERTISEMENT
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengatakan mitigasi bencana di kawasan pariwisata harus berstandar internasional. Bali akan menjadi prioritas program ini.
Dampak Gempa di Bali  dan NTB
Dua guru berjalan melewati genteng yang jatuh dari atap gedung sekolah yang rusak setelah gempa bumi menghantam daerah di Jimbaran di pulau wisata Bali pada 16 Juli 2019. Foto: AFP/SONNY TUMBELAKA
“Kita sedang siapkan konsep agar daerah wisata ini memiliki kesiapsiagaan tinggi. Kita merancang BPBD berstandar internasional, dilengkapi semua fasilitas dan didukung oleh anggaran memadai serta dilengkapi SDM (sumber daya manusia) berkualitas," kata Doni di Hotel Westin, Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (13/1).
"Ini yang kita rencanakan. Termasuk Bali akan jadi di program prioritas BNPB supaya bisa nanti bisa ditiru daerah wisata lainnya,” tambah Doni.
Kepala BNPB Doni Monardo
Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Foto: Denita br Matondang/Kumparan
Doni mengaku tengah berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama terkait migitasi berstandar internasional di kawasan wisata. Diskusi ini menyangkut pembangunan sistem migitasi agar masyarakat dan wisatawan melek bencana.
Wisata Ayunan
Wisata ayunan jadi salah satu atraksi yang dipilih wisatawan saat ke Bali. Foto: Shutterstock
“Bagaimana Bali membangun sistem, bagaimana Bali memberi siap siaga kepada publik, masyarakat. Bukan hanya penduduk lokal tapi wisatawan. Dan semua sudah tahu Indonesia memiliki risiko yang besar (potensi bencana) tapi kalau cukup informasi mereka tidak akan khawatir ke mari,” ujar dia.
ADVERTISEMENT
Selain di Bali, ada destinasi wisata yang juga menjadi prioritas, yakni Labujan Bajo, Danau Toba, Mandalika, dan Kupang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan