Bobby Bilang yang Bikin Stadion Jangan Sombong, Bagaimana Kondisi di Medan?

8 Februari 2024 15:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
Wali Kota Medan Bobby Nasution di acara HUT ke-52 Korpri. Foto: Pemkot Medan
zoom-in-whitePerbesar
Wali Kota Medan Bobby Nasution di acara HUT ke-52 Korpri. Foto: Pemkot Medan
ADVERTISEMENT
Wali Kota Medan Bobby Nasution menghadiri kampanye Paslon 02 Prabowo-Gibran di Deli Serdang, Sumut, pada Rabu (7/2) kemarin.
ADVERTISEMENT
Bobby berkesempatan untuk berbicara di atas panggung. Saat itu, ia menyindir pihak yang menurutnya sombong hanya karena membangun stadion.
“Kalau hanya perkara bangun stadion saja Mas Gibran pun bangun stadion di Solo, jadi jangan sombong-sombong kali. Kita pun di Medan bisa juga bangun stadion,” kata Bobby di Stadion Baharoeddin Siregar.
Banyak yang mengaitkan pernyataan ini ke Capres 01 Anies Baswedan. Dalam beberapa kesempatan, Anies bicara dan membanggakan Jakarta International Stadium (JIS) yang dibangunnya saat menjabat sebagai Gubernur DKI.
Lalu bagaimana kondisi di Medan? Ada berapa stadion yang diurus Pemko?
Pemko Medan memiliki dua stadion. Yakni stadion Kebun Bunga dan Teladan. Saat ini, keduanya sedang direvitalisasi dan ditargetkan selesai pada 2024 ini.
ADVERTISEMENT
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat melihat desain Stadion Teladan, Kota Medan, Kamis (8/2/2024). Foto: Dok. Istimewa
Stadion Kebun Bunga direvitalisasi sejak Juli 2023 lalu. Stadion berkapasitas 10 ribu orang ini direnovasi dengan biaya dari APBD Kota Medan Rp 191, 6 miliar.
Sementara, stadion Teladan baru mulai direnovasi pada Selasa (6/2). Stadion ini dipugar menggunakan dana APBN dan APBD senilai Rp 510 miliar.
Pembangunan stadion berkolaborasi dengan Kementerian PUPR. Adapun alasan Bobby mendesak agar pembangunan segera dilakukan karena selain menjadi semangat bagi warga khususnya industri olahraga sepakbola di kota Medan, tapi stadion Teladan juga menjadi ikon kota Medan yang nantinya dapat dibanggakan.
"Setelah pengerjaan selesai kami juga telah memikirkan perawatan untuk stadion Teladan, seperti dengan memanfaatkan gedung pusat perbelanjaan yang pada di depan jalan stadion di mana gedung milik Pemko Medan tersebut nantinya akan selesai masa pakainya di tahun 2027. Nantinya gedung tersebut akan kita gunakan untuk kegiatan ekonomi guna mensupport dan menghidupkan stadion Teladan,” kata Bobby.
ADVERTISEMENT
Stadion berkapasitas 40 ribu penonton ini baru akan dibangun kembali agar berstandar FIFA dan internasional. Proyeknya direncanakan akan selesai pada Oktober 2024 mendatang.
Lantas, apakah Bobby akan berhasil memenuhi targetnya dan Kota Medan punya stadion berkelas FIFA?