kumparan
25 Oktober 2019 7:43

Budi Sadikin, Kartika, Budi Arie, Grace Natalie Masuk Bursa Wamen

Kabinet Indonesia Maju, Foto Bersama, POTRAIT
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Setidaknya ada 3 nama yang sudah pasti akan menjadi wakil menteri (wamen) di Kabinet Indonesia Maju. Mereka adalah mantan Bendahara TKN Jokowi-Ma’ruf, Wahyu Sakti Trenggono (Wamenhan); Wakil Ketua MUI yang juga politikus PPP, Zainut Tauhid (Wamenag); dan Angela Tanoesoedibjo sebagai Wakil Menkominfo.
ADVERTISEMENT
Sumber kumparan menyebut ada beberapa nama lain yang masuk bursa wamen. Mereka adalah Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin (BGS), bos Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo (akrab disapa Tiko), Ketum Projo Budi Arie Setiadi, dan Ketum PSI Grace Natalie.
Budi Sadikin, Kartika Wirdjoatmojo, Budi Arie, Grace Natalie
Budi Sadikin, Kartika Wirdjoatmojo, Budi Arie, dan Grace Natalie. Foto: kumparan
Dari nama tersebut yang hampir pasti menjadi wamen adalah Budi Gunadi Sadikin dan Kartika. Kartika kemungkinan menjadi wamen BUMN, sementara Budi Gunadi Sadikin kemungkinan menjadi wamen BUMN atau ESDM.
Kartika Wirjoatmojo, Direktur Utama Bank Mandiri
Kartika Wirjoatmojo, Direktur Utama Bank Mandiri Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Sempat ada wacana agar ada beberapa wamen di Kementerian BUMN. Yaitu, Wamen Perbankan, Wamen Keuangan dan Logistik, Wamen Infrastruktur, dan Wamen Minyak dan Gas. Namun akhirnya diputuskan hanya ada satu Wamen BUMN.
Menurut sumber kalangan Istana, kemarin Budi Gunadi Sadikin masih berada di Jepang untuk menghadiri acara Toyota Motor Show. Namun, secara mendadak ada yang memintanya kembali ke tanah air terkait urusan wamen. Kabarnya, Budi Gunadi Sadikin sudah di Jakarta pagi ini.
Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Budi Gunadi Sadikin
Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Budi Gunadi Sadikin Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Sementara itu, Ketum Projo, Budi Arie Setiadi, tak membantah akan jadi wamen. Bahkan, ia mengaku dipanggil ke Istana, Jumat (25/10) pagi ini.
ADVERTISEMENT
“Saya diundang nih pukul 09.00 WIB disuruh ke Istana. Tapi belum tahu wamen apa. Saya siap ditugaskan,” ujar Budi Arie ketika dikonfirmasi kumparan.
Budi Arie Setiadi
Budi Arie Setiadi Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Selain itu, nama Ketum PSI Grace Natalie memang masuk bursa wamen. Namun belum diketahui ia akan menempati posisi wamen apa.
Saat penggodokan nomenklatur, memang ada wacana untuk memberikan posisi wamen kepada parpol pendukung Jokowi yang tak lolos ke Senayan.
LIPSUS, PSI, Grace Natalie
Ketua Umum PSI, Grace Natalie. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Selain itu, ada peluang yang sangat kuat Grace akan jadi wamen. Sebab, Jokowi memerlukan wamen perempuan.
Selain Grace sudah ada nama Angela Tanoesoedibjo dari Perindo yang diplot menjadi Wamenkominfo. Angela merupakan putri dari Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo.
Pelantikan wamen rencananya akan berlangsung pukul 14.00 WIB di Istana Negara dengan dipimpin langsung Presiden Jokowi.
ADVERTISEMENT