kumparan
25 Oktober 2019 6:44

Trenggono Wamenhan, Zainut Tauhid Wamenag, Angela Tanoe Wamenkominfo

Waketum MUI Zainut Tauhid di Kediaman Ma’ruf
Wakil ketua umum MUI Zainut Tauhid di Kediaman Ma’ruf Amin. Foto: Ferry Fadhlurrahman/kumparan
Presiden Jokowi rencananya akan melantik wakil menteri pada Jumat (25/10). Sebelumnya Jokowi menyatakan komposisi wamen adalah gabungan antara parpol dan profesional.
ADVERTISEMENT
Menurut sumber kumparan, akan ada 11 wamen yang dilantik. Sebelas wamen tersebut antara lain Wamenhan, Wamenag, Wamendikbud, Wamenkominfo, Wamen BUMN, dan Wamendes.
Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Sakti Wahyu Trenggono
Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Sakti Wahyu Trenggono. Foto: Resya Firmansyah/kumparan
Dari 11 posisi itu, sumber kumparan mengatakan, ada tiga nama yang sudah pasti. Pertama, Wahyu Sakti Trenggono akan menempati posisi Wamenhan. Hal ini cukup mengagetkan mengingat Trenggono lebih banyak berkecimpung di dunia usaha. Trenggono merupakan Bendahara TKN Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019.
Kemudian, Wakil Ketua MUI yang juga politikus PPP Zainut Tauhid akan menempati posisi Wamenag. Kader NU ini memang sudah diusulkan oleh PPP sebagai Wamenag.
“Kalau dari PPP, misalkan wakil menteri, banyak, tergantung portofolio yang dibutuhkan. Kalau (wakil) menteri agama misalkan, ada Pak Zainut Tauhid, ada Pak Arwani Thomafi, Pak Rusli Effendi, dan beberapa nama lainnya," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi, Kamis (24/10).
ADVERTISEMENT
Gayung bersambut, Jokowi menerima usulan PPP tersebut.
Sementara itu, Angela Hary Tanoesoedibjo, putri Harry Tanoe, akan menjadi wakil Menkominfo. Sumber kumparan menyebut, awalnya yang diusulkan adalah Sekjen Perindo Ahmad Rofiq. Namun, Ketum Perindo Harry Tanoe memutuskan yang menjadi wamen adalah Angela.
Pelantikan rencananya akan berlangsung pukul 14.00 WIB di Istana Negara.