News
·
6 Maret 2018 9:08

Bunga Bangkai Mekar di Jerman, Ribuan Orang Datang untuk Melihat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bunga Bangkai Mekar di Jerman, Ribuan Orang Datang untuk Melihat (149386)
Bunga bangkai mekar di Göttingen. (Foto: Daniel Chrisendo/kumparan)
Ada sesuatu yang menarik di kota kecil Göttingen, Jerman, pada akhir pekan lalu. Bunga bangkai yang berasal dari Sumatera mekar di kebun raya kota tersebut.
ADVERTISEMENT
Mekarnya bunga bangkai ini membuat penduduk kota datang berbondong-bondong untuk melihat. Selain karena bunga ini adalah bunga yang paling besar di dunia, bunga bangkai juga tidak akan bertahan lama setelah mekar.
Agar bisa mengakomodasi mereka yang penasaran dengan bunga tersebut, kebun raya Göttingen pun dibuka untuk umum 24 jam selama mekarnya bunga.
Bunga Bangkai Mekar di Jerman, Ribuan Orang Datang untuk Melihat (149387)
Melihat bunga bangkai mekar di Göttingen. (Foto: Daniel Chrisendo/kumparan)
“Untuk melihat bunga tersebut selama sepuluh menit, saya harus mengantre selama dua jam sejak jam sepuluh malam,” ujar Nina Graßnick, salah satu pengunjung kebun raya.
Sebelum bunga bangkai tersebut mekar, Nina memantau perkembangannya melalui website kebun raya sejak bulan Februari. Ia datang setelah ada pengumuman bahwa bunga bangkai sudah mekar.
“Antrean pengunjung terus ada sampai lewat tengah malam meskipun suhu udara saat itu mencapai minus 6 derajat,” kata Nina
ADVERTISEMENT
“Saya berdiri sejak jam 10 malam," sambung dia.
Bunga bangkai adalah tanaman tropis. Oleh karena itu, bunga ini hanya bisa tumbuh di dalam rumah kaca yang lingkungan di dalamnya bisa diatur seperti di daerah tropis.
“Di dalam (rumah kaca) sudah bau sekali,” ucap Michael Schwerdtfeger, pemelihara dan asisten peneliti di kebun raya Göttingen.
“Awalnya seperti bau bangkai kambing, lama-lama seperti bau bangkai kerbau, dan akhirnya seperti bau bangkai gajah," lanjut Michael.
Meskipun baunya menyengat, orang-orang tetap antusias. Terlihat ada ribuan orang yang datang untuk menyaksikan bunga bangkai ketika sedang mekar.
Bunga bangkai yang mekar di Göttingen memiliki tinggi kurang lebih dua meter. Pada hari Minggu pagi (4/3) sehari setelah mekar, bunga bangkai tersebut perlahan-lahan menguncup kembali.
Bunga Bangkai Mekar di Jerman, Ribuan Orang Datang untuk Melihat (149388)
Bagian tubuh bunga bangkai. (Foto: The Huntington Library, Art Collection, and Botanical Gardens)
Bunga bangkai merupakan tumbuhan dari kelompok talas-talasan. Bunga ini sering tertukar dengan bunga Rafflesia yang sama-sama memiliki ukuran besar dan berbau tidak enak.
ADVERTISEMENT
Bunga bangkai mengeluarkan bau untuk mengundang serangga agar menyerbuki bunganya. Meskipun bunga ini berasal dari Indonesia, bunga bangkai juga tersebar di seluruh dunia yang biasanya tumbuh di dalam penangkaran atau kebun raya.
Di Jerman sendiri, bunga bangkai ada di kebun raya Bonn, Stuttgart, Frankfurt, dan Göttingen.