kumparan
search-gray
Politik24 Juli 2018 8:03

Cawapres Jokowi Sudah Ditetapkan, Tak Akan Berubah sampai Kapan pun

Konten Redaksi kumparan
Pertemuan Presiden Jokowi dan koalisi di Istana Bogor
Pertemuan Presiden Jokowi dan koalisi di Istana Bogor (Foto: Dok. Agus Suparto/Presidential Palace)
Enam ketum parpol anggota koalisi bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat. Pertemuan itu membahas berbagai hal, salah satunya persiapan menghadapi pendaftaran capres-cawapres pada 4-10 Agustus 2018.
ADVERTISEMENT
Dalam pertemuan itu, semuanya menyepakati dan memutuskan satu nama cawapres untuk Jokowi. Ketua Umum PPP Rohamurmuziy (Romy) mengatakan satu nama yang disepakati bersama itu dipastikan tidak akan berubah lagi.
"Enggak (cawapres Jokowi tak akan berubah)," kata Romy kepada kumparan, Selasa (24/7).
Partai koalisi, kata Romy, juga menyerahkan seluruh keputusan kepada Jokowi terkait waktu yang tepat untuk mengumumkan nama cawapres untuk Pilpres 2019. Koalisi juga menyerahkan kepada Jokowi waktu pendaftaran Pilpres 2019 ke KPU RI.
"Koalisi menyepakati secara bulat satu nama cawapres warga terbaik Indonesia untuk mendampingi Jokowi," kata Romy.
"Koalisi juga menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi untuk menentukan hari baik pendaftaran pada hari-hari terakhir pendaftaran Pilpres 4-10 Agustus 2018, menyesuaikan juga dengan kesibukan tugas-tugas negara yang beliau emban," jelas Romy lagi.
ADVERTISEMENT
Selain mengerucutkan nama cawapres, enam ketum partai juga sebelumnya menyepakati dua keputusan penting lain. Pertama menyepakati enam parpol sebagai formasi solid untuk Pilpres 2019.
"Koalisi menyepakati 6 parpol sebagai formasi solid pengusungan. Dalam hal masih ada parpol lain yang dalam perundingannya di tempat lain tidak berakhir happy ending, koalisi tidak membatasi hanya pada enam parpol saja. Namun demikian, tambahan anggota koalisi harus disepakati seluruh anggota yang enam secara mufakat," ucap Romy kepada kumparan, Senin (23/7).
Kedua, parpol koalisi tetap membuka diri terhadap parpol-parpol yang ingin bergabung dalam koalisi Jokowi di Pilpres 2019. Namun, harus memperhatikan masa pendaftaran capres-cawapres yang dibuka kurang dari dua minggu lagi.
Ayo nilai para calon pemimpinmu yang layak menjadi capres-cawapres di Pilpres 2019 di sini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white