News
·
9 Desember 2019 17:44

Cerita Megawati soal Sukarno Dituduh PKI: Orang Sempat Takut Sama Saya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita Megawati soal Sukarno Dituduh PKI: Orang Sempat Takut Sama Saya (45301)
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan sambutan di Sekolah Pimpinan Dewan, Jumat (22/11/2019). Foto: Dok. PDIP
Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri berbicara soal perjalanan hidup ayahnya di depan ASN Kementerian Sosial. Ia juga menyinggung soal PKI dan Soeharto.
ADVERTISEMENT
Megawati mengaku sempat heran, pada era Presiden ke-2 RI Soeharto, Bung Karno disingkirkan. Salah satunya karena disebut-sebut sebagai bagian dari PKI.
"Saya heran kok takut banget dia apalagi ketika zaman Pak Harto, dengan segala hormat saya kepada beliau, tetapi kenapa yang namanya Bung Karno itu dibuat sedemikian rupa. Disingkirkan, dibungkam, rakyat tidak boleh berbicara," kata Megawati di Gedung Konvensi TMPN Utama Kalibata, Jaksel, Senin (9/12).
Ia pun flashback ke momen ketika ia menjadi anggota DPR tiga periode dari Dapil Jawa Tengah. Megawati menyebut sempat ada yang tidak berani berkenalan dengannya karena ia putri sang proklamator.
"Ketika saya mulai datang orang kumpul tuh diem. Saya tahu mereka ingin kenal saya, tapi takut. Tapi ada yang berani tanya, Ibu betul putrinya Bung Karno?" urai dia.
ADVERTISEMENT
"Tapi ada yang bilang, enggak berani. Kenapa, takut ya, karena anaknya Bung Karno, ya. Karena Bung Karno dibilang sementara orang katanya adalah PKI, ya," sambungnya.
Megawati merasa heran dengan itu semua. Padahal, kata dia, jasa Bung Karno untuk bangsa ini tidaklah sedikit.
"Saudara sekalian, begitu mudahkah orang membalikkan pikiran? Kalau beliau itu PKI, mengapa beliau proklamator? Kenapa beliau dihormati di begitu banyak negara?" ujar Ketum PDIP itu.
Cerita Megawati soal Sukarno Dituduh PKI: Orang Sempat Takut Sama Saya (45302)
Megawati Soekarnoputri didampingi Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Foto: AFP/Adek Berry
Megawati kemudian menjelaskan konsep Pancasila yang dirumuskan Sukarno dengan tokoh lainnya. Jadi, kata Mega, apa mungkin Bung Karno itu PKI?
"Saya sama Pak Agus Widjojo (Gubernur Lemhannas) bilang, piye to, Lemhannas itu yang bikin ya Bung Karno lho. Udah begitu, enggak mau ngajarin yang namanya Pancasila lahirnya 1 Juni ini. Aneh," ungkap Megawati.
ADVERTISEMENT
"Bung Karno mau dijatuhkan, dibilang kerja sama PKI. Diadili saja tidak pernah. Bung Karno tanpa diadili. Coba bayangkan dia itu seorang presiden. Terus saya ketika presiden katanya saya belain Pak Harto karena Pak Harto juga enggak diadili," sambung dia.