kumparan
search-gray
News3 Agustus 2019 11:01

Cerita Nick Ut di Balik Foto The Napalm Girl

Konten Redaksi kumparan
Cerita Nick Ut di Balik Foto The Napalm Girl (417020)
Nick Ut seorang fotografer perang vietnam bersama karyanya. Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan
"Suatu hari nanti, saya ingin foto terbaiku dapat menghentikan perang (Vietnam)"- Nick Ut seorang fotografer perang Vietnam saat ia menceritakan kakaknya yang pernah mengatakan hal demikian.
ADVERTISEMENT
Kakaknya yang bernama Huynh Thanh My tewas pada usia muda (27), saat meliput sebagai fotografer perang Vietnam pada 1965. Kata-katanya itu, membuat Ut terinspirasi untuk menggantikan peran kakaknya di Associated Press (AP).
Setahun setelah kematian kakaknya, ia melamar pekerjaan di AP dengan usia yang sangat muda, yakni 15 tahun. Awalnya, ia bekerja bukan sebagai fotografer, melainkan ia bekerja sebagai editor di Ruangan Gelap atau Dark Room.
Cerita Nick Ut di Balik Foto The Napalm Girl (417021)
Nick Ut seorang fotografer perang vietnam bersama karyanya. Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan
Dari sana, Ut banyak mempelajari dunia fotografi dan mendorong dirinya untuk menjadi fotografer.
Saat mulai bekerja sebagai fotografer, ia diterjunkan ke medan perang. Saat menjadi fotografer perang, ia mendapatkan luka tembak sebanyak tiga kali; di perutnya, kaki kirinya dan di dadanya.
Saat meliput di medan perang, Ut membawa ratusan roll film untuk mengisi empat kamera yang ia bawa. Kamera favorit nya pada waktu itu adalah kamera Leica M2 dengan lensa Wide Angle. Sekarang kamera itu berada di musium Washington DC, Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
"Leica adalah kamera terbaik saat Perang Vietnam untuk kamera film. Kamera itu memiliki kontras yang berbeda dari pada kamera yang lain" ucapnya.
Cerita Nick Ut di Balik Foto The Napalm Girl (417022)
Nick Ut seorang fotografer perang vietnam. Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan
Puncak karir Nick Ut ketika ia memotret seorang gadis berumur 9 tahun yang berlari saat desanya dibom dengan Napalm oleh pesawat Vietnam Selatan.
"Ketika foto itu dimuat, foto itu menggerakan banyak massa anti perang di mana-mana. Foto itu membuat banyak orang di dunia marah atas kondisi perang di Vietnam" tuturnya.
"The Napalm Girl" adalah nama bagi foto tersebut, telah memenangkan penghargaan fotografi World Press Photo dan Pulitzer Prize for Spot News Photography.
Gadis yang berada di dalam foto Ut bernama Kim Phuc, ia berhasil diselamatkan setelah kejadian bom Napalm yang menghancurkan desanya.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini, Nick Ut dan Kim Phuc masih menjalani komunikasi yang sangat baik. Bahkan, Kim Phuc memanggil sebutan akrab untuk Nick Ut, yaitu dengan sebutan "Paman Nick".
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white