News
·
6 Februari 2020 19:40

Damkar DKI Uji Coba Robot Pemadam Kebakaran

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Damkar DKI Uji Coba Robot Pemadam Kebakaran (148809)
Pemadam kebakaran DKI Jakarta Uji coba robot pemadam kebakaran. Foto: Instagram / @humasjakfire
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta tak lama lagi akan memiliki robot pemadam kebakaran. Robot ini jenis Dok-Ing MVF-3.
ADVERTISEMENT
Robot berbentuk mobil itu tengah menjalani uji coba di Pusdiklatkar Ciracas, Jakarta Timur. Di sana, robot diuji ketangguhannya dan ketepatannya dalam memadamkan api.
Damkar DKI Uji Coba Robot Pemadam Kebakaran (148810)
Pemadam kebakaran DKI Jakarta Uji coba robot pemadam kebakaran. Foto: Instagram / @humasjakfire
Selain itu, mobil robot ini dikhususkan untuk memecah atau mendobrak berbagai material yang menutupi titik api. Sehingga petugas pemadam kebakaran bisa masuk lebih dekat ke titik api dan segera memadamkannya.
"Masih uji coba sampai dengan 12 Februari 2020 nanti," ujar Humas Dinas Pemadam DKI Jakarta, Mulat Wijayanto, saat dikonfirmasi kumparan, Kamis (6/2).
Dia mengatakan, unit robot ini baru ada 1 unit di Jakarta. Nantinya, tak perlu banyak petugas yang ikut memadamkan kebakaran jika robot sudah digunakan secara resmi.
Menurut Mulat, hanya akan ada 1 petugas yang bekerja jika memadamkan api dengan robot ini. Petugas akan bekerja sebagai pengendali dari gerakan robot. Sementara di robot ada 9 kamera yang siap memantau segala sisi.
Damkar DKI Uji Coba Robot Pemadam Kebakaran (148811)
Foto bersama usai pemadam kebakaran DKI Jakarta Uji coba robot pemadam kebakaran. Foto: Instagram / @humasjakfire
"Masih 1 di DKI. Hanya 1 pengendali dari remote control saja untuk melakukan respons gerakan si robot. Jadi di robot itu ada 9 kamera untuk memonitor dari berbagai arah," terangnya.
ADVERTISEMENT
Rencananya robot ini ditempatkan di pusat atau tepatnya di kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta. Sementara pelatihan akan dilakukan di Pusdiklat Ciracas.
"Pelatihannya di Pusdiklatkar Ciracas Jakarta Timur, tapi nanti rencana alatnya mau ditaruh di penyelamat dinas," ujarnya.