kumparan
16 Oktober 2019 12:04

Demokratik Tsunami, Gerakan Misterius Pendukung Kemerdekaan Catalunya

Barcelona, Katalunya
Aksi pembakaran saat protes di Barcelona. Foto: AFP
Imbauan blokir jalan menyeruak di Barcelona. Organisasi misterius bernama Demokratik Tsunami menjadi pelopor seruan tersebut.
ADVERTISEMENT
Demokratik Tsunami merupakan gerakan baru pendukung kemerdekaan Catalunya yang muncul ke permukaan setelah sembilan pemimpin Catalunya divonis penjara.
Pemimpin mereka samar. Menggunakan sosial media dan pesan enkripsi, mereka mengumpulkan massa untuk memprotes penahanan sembilan pemimpin Catalunya.
Barcelona, Katalunya
Aksi pembakaran saat protes di Barcelona. Foto: AFP
Gerakan Demokratik Tsunami pada awal pekan ini berhasil membuat Pemerintah Spanyol kebakaran jenggot. Provokasi mereka membuat 10 ribu orang turun ke jalanan utama di beberapa kota di Catalunya.
Semangat dan pesan yang dibawa serupa yaitu 'ubah Catalunya menjadi Hong Kong baru'
Hingga kini, provokasi Demokratik Tsunami menyebabkan 110 penerbangan dari dan menuju Barcelona dibatalkan. Beberapa ruas jalan utama, termasuk jalur penghubung ke Prancis ditutup.
Bentrokan di Catalunya, Barcelona, Spanyol
Demonstran bentrok dengan polisi di Bandara Barcelona memprotes vonis pemimpin Catalunya di Barcelona, Spanyol, Senin (14/10/2019). Foto: REUTERS/Albert Gea
Menurut sebuah pesan yang tersebar di dunia maya, peristiwa saat ini adalah permulaan dari aksi lebih besar di masa depan.
ADVERTISEMENT
"Ini cuma awal, kami sudah mempersiapkan untuk yang akan datang, dan kami pastikan Demokratik Tsunami tak akan berhenti," sebut pesan kelompok ini seperti dikutip dari AFP, Rabu (16/10).
Seorang pengamat politik dan sejarah Spanyol, Joan Esculies, menilai Tsunami Demokratik membawa gaya baru kelompok separatisme di Catalunya.
Sebab, tindakan kelompok ini berbeda dengan kelompok massa pro-kemerdekaan lainnya di Catalunya seperti ANC dan Omnium.
Kelompok akar rumput ANC dan Omnium menyebut gerakannya sebagai 'revolusi senyum'. Gerakan tersebut gagal memerdekakan Catalunya lewat referendum 2017 lalu.
Kegagalan aksi revolusi senyum memicu Tsunami Demokratik membuat strategi baru yaitu gerilya urban.
"Saya lihat, Tsunami Demokratik akan memimpin satu aksi semacam geriliya urban," kata Esculies.
Bentrokan di Catalunya, Barcelona, Spanyol
Seorang demonstran mengibarkan bendera saat demo memprotes vonis pemimpin Catalunya di Barcelona, Spanyol, Senin (14/10/2019). Foto: REUTERS/Jon Nazca
Munculnya gerakan Tsunami Demokratik memicu kemarahan pemerintah Spanyol. Gerakan itu akan diredam sesegera mungkin.
ADVERTISEMENT
"Saya tidak ragu akan segera menemukan siapa di balik Tsunami Demokratik," kata Menteri Dalam Negeri Spanyol Fernando Grande-Marlaska.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan