kumparan
search-gray
News30 Januari 2020 11:08

Depok Akan Bangun 4 Koridor Transportasi Berbasis Rel, Biaya Rp 12 T

Konten Redaksi kumparan
Depok Akan Bangun 4 Koridor Transportasi Berbasis Rel, Biaya Rp 12 T (254259)
Suasana di alun-alun Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (14/1). Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Pemkot Depok berencana membangun moda transportasi baru berbasis rel. Tak tanggung-tanggung, mereka membutuhkan dana Rp 12 triliun untuk mewujudkan 4 koridor transportasi baru ini.
ADVERTISEMENT
"Wacana ini ilmiah karena berdasarkan studi kelayakan yang dilakukan oleh para pakar," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris seperti dikutip dari Antara, Kamis (30/1).
Depok Akan Bangun 4 Koridor Transportasi Berbasis Rel, Biaya Rp 12 T (254260)
Sejumlah warga menyeberang di rel kereta dekat Stasiun Duri, Jakarta Barat, pada Selasa (5/11/2019). Foto: Jamal Ramdhan/kumparan
Idris mengatakan, pembangunan ini tak lain untuk mengurangi kemacetan di Depok. Sejauh ini, wacana pembangunan transportasi berbasis rel masih didiskusikan dengan Kementerian Perhubungan. Bila memungkinkan, transportasi ini segera dibangun.
"Sebenarnya saya bertemu dengan Sekjen Kemenhub terkait dengan masalah transportasi dan lalu lintas. Namun pada saat yang sama saya ajukan studi kelayakan transportasi berbasis rel untuk dikaji," jelas dia.
Depok Akan Bangun 4 Koridor Transportasi Berbasis Rel, Biaya Rp 12 T (254261)
Mohammad Idris, Wali Kota Depok Foto: kumparan/Laurens
Idris memang belum mengungkap transportasi rel apa yang akan dibangun. Namun, setidaknya layanan transportasi itu memiliki 4 koridor. Transportasi itu nantinya akan terintegrasi dengan transportasi massal lainnya yang sudah ada saat ini.
ADVERTISEMENT
Adapun rincian koridornya adalah:
  • Koridor 1 sepanjang 10,8 km yang dimulai dari Transit Oriented Development (TOD) Pondok Cina sampai Stasiun LRT Cibubur.
  • Koridor 2 sepanjang 16,7 km dari TOD Depok Baru sampai Cinere dan diharapkan dapat terkoneksi dengan stasiun MRT Lebak Bulus.
  • Koridor 3 sepanjang 10,7 km mulai dari TOD Depok Baru sampai Bojongsari dan koridor 4 sepanjang 13,8 km mulai dari TOD Depok Baru sampai TOD Gunung Putri.
  • Untuk mewujudkan semua ini, Idris menyebut butuh dana Rp 12 triliun. Karena besarnya biaya pembangunan, Idris akan menggandeng investor untuk membangun transportasi ini.
"Jadi untuk satu koridor dibutuhkan biaya Rp 3 triliun," tutur dia. Biaya yang mahal ini membuat Idris berencana mengundang investor untuk memasuki proyek ini.
ADVERTISEMENT
Idris berharap proyek pembangunan transportasi publik berbasis rel ini bisa ditetapkan menjadi Proyek Strategi Nasional (PSN) serta direalisasikan serta bisa mendapatkan pendampingan dari Kemenhub.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white