News
·
16 Mei 2021 18:58

Di Forum OKI, Indonesia Usul 3 Langkah Kunci Hentikan Agresi Israel

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Di Forum OKI, Indonesia Usul 3 Langkah Kunci Hentikan Agresi Israel  (167755)
searchPerbesar
Menlu RI Retno Marsudi saat memimpin pertemuan COVAX-AMC Engagement Group yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (27/1). Foto: Kemlu RI
Organisasi Kerja Sama Islam atau OKI telah menggelar rapat darurat secara virtual pada Minggu (16/5). Rapat ini membahas konflik antara Israel dan Palestina.
ADVERTISEMENT
Sebanyak 16 dari 57 negara yang masuk dalam OKI hadiri dalam rapat ini termasuk Indonesia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mewakili Indonesia.
"Pertemuan ini dihadiri 16 menteri dan wamenlu negara-negara anggota OKI dan juga wakil negara OKI lainnya," kata Retno dalam konferensi pers.
Di Forum OKI, Indonesia Usul 3 Langkah Kunci Hentikan Agresi Israel  (167756)
searchPerbesar
Serangan rudal Israel di Kota Gaza Foto: REUTERS/Suhaib Salem
Retno menjelaskan, situasi di Jalur Gaza saat ini menjadi perhatian serius OKI. Sebab jumlah korban jiwa dari warga sipil Palestina semakin banyak akibat agresi Israel.
"Kita melihat sudah lebih dari 150 orang harus kehilangan nyawanya termasuk perempuan dan anak-anak dan ratusan mungkin ribuan orang yang harus kehilangan rumah mereka," jelas Retno.
Reno menuturkan, dalam pertemuan itu Indonesia mengusulkan tiga langkah kunci dalam menghentikan kekerasan Israel dan dalam rangka mendukung kemerdekaan Palestina.
ADVERTISEMENT
"Pertama memastikan adanya persatuan di dalam negara anggota OKI. Persatuan di antara semua pemangku kepentingan di Palestina tanpa persatuan, OKI tidak akan mampu menjadi penggerak bagi dukungan internasional untuk Palestina," tutur Retno.
"Di saat yang sama bangsa Palestina hanya bisa mencapai cita-cita merdeka apabila mereka bersatu," tambahnya.
Usulan kedua yakni OKI harus mengupayakan terciptanya gencatan senjata. Indonesia ingin seluruh negara anggota OKI menggunakan pengaruhnya untuk mendorong gencatan senjata secepatnya.
"Semua tindakan kekerasan harus segera dihentikan," ucap Retno.
Terkahir, Retno mengatakan OKI harus fokus membantu kemerdekaan bangsa Palestina. Indonesia ingin OKI berjuang lebih keras dan melakukan langkah nyata agar kemerdekaan Palestina segera terwujud.
"OKI harus lebih keras berupaya mendorong dimulainya negosiasi yang kredibel yang berpedoman pada parameter yang telah disetujui secara internasional dengan tujuan mencapai perdamaian yang lestari berdasarkan prinsip solusi dua negara," tutur Retno.
ADVERTISEMENT
***
Saksikan video menarik di bawah ini: