kumparan
News29 Maret 2020 13:51

Dokter Tirta: Segera Karantina Wilayah Atau Corona Menyebar ke Seluruh Provinsi

Konten Redaksi kumparan
Virus Corona-Ilustrasi tenaga medis penanganan virus corona
Ilustrasi tenaga medis penanganan virus corona. Foto: Indra Fauzi/kumparan
Dokter sekaligus relawan COVID-19, Tirta Mandira Hudhi, meminta pemerintah segera melakukan karantina wilayah. Menurutnya, kebijakan ini menjadi solusi yang efektif untuk menurunkan angka penyebaran virus corona di Indonesia. Permintaan itu ia sampaikan melalui akun Instagramnya pada Sabtu (28/3).
ADVERTISEMENT
"Karantina wilayah harus segera dilakukan. Ini bisa dilakukan jika Pak Jokowi telah mengeluarkan statement. Jika tidak dilakukan maka infeksi ini akan menyebar ke seluruh provinsi Indonesia," tegas dokter Tirta.
Menurutnya, kampanye #dirumahaja dan anjuran working from home tidak akan efektif jika negera tidak melakukan tindakan represif untuk menekan wabah virus corona.
"[Karantina wilayah] harus dilakukan karena infection rate sudah menyebar ke seluruh negara Indonesia. Orang mudik itu bisa ditahan kalau ada aturan. Orang ini kenapa mudik, karena tidak ada aturan," ujarnya.
Dokter Tirta mengatakan, infection rate bisa dikontrol dengan menekan perpindahan orang-orang terutama di Jakarta. Ia meminta akses dari dan keluar Jakarta ditutup sementara.
ADVERTISEMENT
"Sekarang yang meninggal mau tembus 100, dan infeksi sudah 1000. Kalau mau selesai, satu-satunya cara adalah menekan migrasi," tegasnya.
Ia tak menampik, jika kebijakan ini akan mengakibatkan pelemahan terhadap perekonomian negara. Akan tetapi, ia menilai keselamatan warga menjadi penting.
APD yang ditampung Sambaran Jogja
APD yang ditampung Sambaran Jogja. Foto: Dok. Sonjo Sambatan Jogja
"Kita semua harus menekan pemerintah karantina wilayah. Memang ekonomi hancur, tapi ekonomi Indonesia sudah hancur, dollar sudah mau Rp 20 ribu, UKM pada gulung tikar, hotel, travel, pada sepi mau ngapain?" lanjut dokter Tirta.
Untuk itu, ia menganjurkan kepada pemerintah agar segera memutuskan kebijakan karantina wilayah tersebut. Salah satunya adalah kesiapan pangan, terutama di daerah. Agar tidak ada penjarahan dan keamanan pangan warga terjamin
"Mengundang pakar ekonomi ke istana entah via Skype, menghitung kalkulasi terburuk jika karantina wilayah di lakukan atau tidak," tegasnya.
ADVERTISEMENT
"Jadi teman-teman, tagar karantina wilayah harus viral entah di Twitter atau di mana pun cuma minta teman-teman agar mengepost di media sosial ini satu-satunya yang bisa dilakukan," tandasnya.
Sejumlah Pemda sudah menerapkan lockdown secara parsial untuk mencegah penyebaran virus corona. Sementara itu, pemerintah pusat tengah menggodok PP Karantina Wilayah yang akan menjadi payung hukum untuk implementasi lockdown.
=================================
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan