News
·
8 Januari 2021 23:55

Donald Trump: Saya Tak Akan Hadiri Pelantikan Joe Biden

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Donald Trump: Saya Tak Akan Hadiri Pelantikan Joe Biden (7599)
Presiden AS Donald Trump saat telekonferensi video Thanksgiving dengan anggota pasukan militer di Gedung Putih di Washington, AS, (26/11). Foto: ERIN SCOTT/REUTERS
Presiden AS, Donald Trump, rupanya belum berbesar hati menerima kekalahan dari rivalnya, Joe Biden, di Pilpres AS 2020.
ADVERTISEMENT
Ia menegaskan tak akan menghadiri pelantikan Biden sebagai Presiden AS pada Rabu, 20 Januari.
"Kepada semua yang bertanya, saya tidak akan menghadiri pelantikan (Joe Biden) pada 20 Januari," kata Trump dalam akun Twitternya pada Jumat (8/1) waktu setempat.
Dikutip dari AFP, jika benar Trump tidak menghadiri pelantikan Biden, ini merupakan pertama kali sejak 1869 Presiden AS yang purnatugas tak menghadiri pelantikan penggantinya.
Donald Trump: Saya Tak Akan Hadiri Pelantikan Joe Biden (7600)
Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden dan calon wakil presiden Amerika Serikat Kamala Harris menyapa para pendukungnya di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat. Foto: Olivier DOULIERY/AFP
Merujuk data tersebut, terakhir kali Presiden AS tak menghadiri pelantikan penggantinya terjadi ketika masa Andrew Johnson. Saat itu, Johnson tak hadir di inaugurasi Ulysses S. Grant sebagai Presiden ke-18 AS.
Sebelum memberi pernyataan tersebut, Trump memang diserang habis usai para pendukungnya berupaya menjegal pengesahan kemenangan Biden dengan menyerbu gedung Kongres AS, US Capitol Hill.
ADVERTISEMENT
Ia pun ditinggalkan para pejabat Gedung Putih yang memilih mundur. Terakhir yang mundur ialah Menteri Pendidikan AS, Betsy DeVos.
Donald Trump: Saya Tak Akan Hadiri Pelantikan Joe Biden (7601)
Polisi bentrok dengan pendukung Presiden AS Donald Trump yang mencoba memasuki US Capitol di Washington, Amerika Serikat. Foto: Jim Urquhart/Reuters