News
·
27 Maret 2021 13:21

Doni: TNI Identik Pelanggar HAM, Pelanggar Lingkungan Tanggung Jawab Siapa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Doni: TNI Identik Pelanggar HAM, Pelanggar Lingkungan Tanggung Jawab Siapa? (2951)
Doni Monardo saat pemberian gelar doktor homoris causa oleh Institut Pertanian Bogor. Foto: IPB University
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mendapatkan gelar Doktor Kehormatan atau Doktor Honoris Causa dari IPB. Ia mendapatkan gelar di bidang Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam (SDA) dan Lingkungan.
ADVERTISEMENT
Dalam orasi ilmiahnya, Doni sempat menceritakan pertemuannya dengan sejumlah ahli hukum. Ia bergurau mengenai posisi TNI yang kerap diidentikkan dengan pelanggaran HAM masa lalu. Dari situ ia berefleksi kondisi saat ini terkait lingkungan.
"Satu ketika, saya pernah dikunjungi oleh beberapa ahli hukum untuk silaturahmi. Pada kesempatan itu sambil bergurau saya mengatakan, 'TNI kerap diidentikkan dengan pelanggaran HAM pada masa lalu, lantas saya bertanya jika terjadi pelanggaran hak asasi pohon, hak asasi sungai, siapa yang bertanggung jawab?'," kata Doni di IPB, Sabtu (27/3).
Menurut Doni, dalam kehidupan berbangsa, tak cukup dengan mengedepankan prinsip demokrasi. Tetapi, juga kedaulatan lingkungan.
"Dalam pemikiran saya, merawat bangsa tidak hanya mengedepankan prinsip democracy (Kedaulatan Rakyat), tetapi juga harus mengedepankan prinsip ecocracy (kedaulatan lingkungan)," kata dia.
ADVERTISEMENT
Ia pun menceritakan komitmennya di sektor sumberdaya alam dan lingkungan, mulai dari pembibitan lahan tandus di Asrama Brigif Para Raider III/Tri Budi Sakti Kostrad yang tandus, di Kariango, saat bertugas di sana.
Lalu memperbaiki ekosistem sungai Citarum saat menjabat Pangdam III Siliwangi dari yang sebelumnya sangat tercemar menjadi pencemarannya tingkat rendah, hingga gagasan emas biru emas hijau di Maluku.
"Dalam konteks religius, umat Islam tidak hanya diwajibkan menjaga hubungan dengan Allah SWT hablum minallah dan hubungan sesama manusia hablum minannas, tetapi juga hubungan dengan alam, hablum minal 'alam," ucap Doni.
Ia pun mengaku akan mempertanggungjawabkan gelar doktor kehormatan yang dianugerahkan kepadanya untuk bisa terus berkontribusi untuk sumberdaya alam dan lingkungan.
ADVERTISEMENT
"Saya akan mempertanggungjawabkan penghargaan dan kepercayaan yang diberikan IPB University kepada saya. Gelar Doktor Kehormatan ini menjadi energi baru bagi saya untuk terus konsisten membantu menyelamatkan lingkungan dan sumber daya alam Indonesia," kata dia.