News
·
24 Agustus 2019 17:26

DPR Akan Panggil Panglima dan Kapolri soal Penyelesaian Konflik Papua

Konten ini diproduksi oleh kumparan
DPR Akan Panggil Panglima dan Kapolri soal Penyelesaian Konflik Papua (40557)
Ketua DPR, Bambang Soesatyo. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan Komisi I dan III akan memanggil Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam waktu dekat. Pemanggilan tersebut berkaitan dengan penyelesaian konflik di Papua dan Papua Barat.
ADVERTISEMENT
“Saya mendapat laporan bahwa komisi III dan komisi I akan meminta penjelasan, baik dari Panglima TNI maupun Kapolri. Intinya adalah yang ingin diketahui DPR bagaimana ujung penyelesaian daripada apa yang kita lihat kemarin,” kata Bamsoet di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (24/8).
"Yang pasti Papua adalah bagian dari Republik Indonesia, dan tidak lengkap Indonesia tanpa Papua," imbuhnya.
Bamsoet juga menekankan aparat penegak hukum untuk mengusut pelaku ujaran rasisme yang berujung memantik amarah warga Papua.
DPR Akan Panggil Panglima dan Kapolri soal Penyelesaian Konflik Papua (40558)
Demonstrasi damai warga Papua di Kantor Walikota Sorong, Rabu (21/8). Foto: Dok. Istimewa
“Harus diproses hukum semuanya. Jadi terutama soal penghinaan, kalau ditemukan ada pelanggaran hukum dan pidana, saya minta dan mendorong pihak kepolisian menyelesaikannya tanpa pandang bulu,” tutur Bamsoet.
Sementara pada Kamis (22/8) lalu, Hadi dan Tito bersama Menkopolhukam Wiranto telah mengadakan pertemuan dengan warga Papua di Manokwari. Kedatangan mereka adalah untuk bersilaturahmi sekaligus mendengar aspirasi masyarakat setempat.
ADVERTISEMENT
Namun, hingga saat ini, aparat keamanan masih belum bisa menemukan siapa oknum dibalik ujaran rasisme yang menciderai warga Papua dan Papua Barat ini.