News
·
4 November 2020 10:08

dr Dirga Sakti Rambe Jelaskan Kemungkinan Orang Bisa Kena COVID-19 Dua Kali

Konten ini diproduksi oleh kumparan
dr Dirga Sakti Rambe Jelaskan Kemungkinan Orang Bisa Kena COVID-19 Dua Kali (221037)
dr Dirga Sakti Rambe. Foto: Twitter /@dirgarambe
Vaksinolog dari Universitas Indonesia dr Dirga Sakti Rambe mengingatkan masyarakat harus taat protokol corona setiap berinteraksi dengan orang lain. Baik yang sudah pernah terkena maupun yang belum.
ADVERTISEMENT
Dirga menjelaskan, meski kasus terinfeksi di dunia masih sedikit, tetapi ada faktor lain yang tetap menunjukkan kemungkinan reinfeksi itu ada.
"Dari seluruh dunia baru 30 kasus dilaporkan. Jadi artinya masih kecil sekali. Tapi tadi kita tahu bahwa ternyata durasi proteksi antibodi itu tidak seumur hidup," kata Dirga dalam diskusi yang ditayangkan Youtube FMB9ID_ IKP yang dilihat kumparan, Rabu (4/11).

Jadi masa antibodi yang terbentuk itu bisa jadi tak sampai setahun. Bahkan pernah disebutkan juga, apabila nanti sudah ada vaksin, kekebalan buatan tercipta tidak untuk seumur hidup.

"Kita belum tahu apa 3 bulan, 4 bulan atau setahun. Oleh karena itu sekalipun kita udah kena COVID kita tetap 3M. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," ungkap dia.
ADVERTISEMENT
"Jangan mentang-mentang sudah kena COVID sudah punya antibodi, jangan. Ternyata kita bisa kena infeksi dari virus yang regeneratifnya berbeda," tegas Dirga.