News
·
23 November 2020 14:26

dr Dirga Sakti Rambe: Kalau BPOM Sudah Beri Izin Vaksin Corona, Warga Harus Siap

Konten ini diproduksi oleh kumparan
dr Dirga Sakti Rambe: Kalau BPOM Sudah Beri Izin Vaksin Corona, Warga Harus Siap (219745)
dr Dirga Sakti Rambe. Foto: Twitter /@dirgarambe
Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe berbicara soal apa yang dilakukan masyarakat sebelum vaksin corona benar-benar bisa digunakan. Kuncinya: taat protokol kesehatan
ADVERTISEMENT
"Sambil menunggu vaksin kita tetap harus melakukan protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun semuanya kita kerjakan. Semua upaya pencegahan kita kerjakan bersama supaya kita terlindung dari COVID-19," kata Dirga dalam acara diskusi yang ditayangkan di Youtube Forum Merdeka Barat 9, Senin (23/11).
Saat ini salah satu kandidat vaksin COVID-19 yakni vaksin Sinovac tengah dalam uji klinis tahap akhir. Setelah itu, data uji klinis akan dievaluasi oleh BPOM sebelum pemberian izin edar darurat.
"Bila BPOM mengeluarkan izin untuk dipakai, maka kita harus siap dan kita harus percaya bahwa vaksin ini betul-betul aman dan efektif sehingga tidak perlu ragu," kata Dirga.
Dirga menyebut, sebelum diuji ke 1.620 relawan di Indonesia, vaksin Sinovac telah menjalani proses panjang. Dari uji praklinis, uji klinis I dan uji klinis II.
ADVERTISEMENT
MUI dan BPOM sudah berkunjung langsung ke pabrik pembuatan vaksin di China untuk mengevaluasi proses produksi vaksin tersebut. Hasilnya pun sudah keluar, yakni mutu dan keamanan vaksin dinilai telah memenuhi standar BPOM.
Namun izin edar darurat baru bisa dikeluarkan tahun depan. Kira-kira pekan ketiga Januari 2021.