kumparan
search-gray
News6 Februari 2018 9:34

Dua Pastor dan Seorang Guru Tewas Ditembak di Meksiko

Konten Redaksi kumparan
Dua Pastor dan Seorang Guru Tewas Ditembak di Meksiko (304069)
Ilustrasi penembakan. (Foto: Unsplash)
Setidaknya dua orang pastor dan seorang guru sekolah tewas tertembak dalam aksi kekerasan di negara bagian Guerrero, Meksiko. Kejadian tersebut menambah daftar kelam warga sipil yang tewas akibat kekerasan dan perang antar geng di negara itu.
ADVERTISEMENT
Selain korban tewas, terdapat pula empat orang lainnya yang menderita luka-luka. Mereka ditembak ketika berada di sebuah mobil di jalan tol antara kota Taxco dan Iguala.
"Sebuah mobil hitam seketika menutup jalan dan beberapa orang keluar dari mobil itu lalu melepaskan tembakan ke mobil lain," sebut keterangan Departemen Keamanan Wilayah Selatan Meksiko, seperti dikutip dari AFP , Selasa (6/2).
Mereka menambahkan, kendaraan yang dipakai pelaku penembakan ditemukan 1,5 km dari tempat kejadian. Di dalam kendaraan yang ditinggalkan tersebut ditemukan tali senapan.
Motif penyerangan hingga kini masih samar. Kepolisian telah meluncurkan investigasi mendalam atas kasus tersebut.
Otoritas Gereja Katolik Roma di Meksiko mengutuk keras insiden itu. Kejadian nahas tersebut membuat seluruh umat Katolik di Meksiko berduka.
ADVERTISEMENT
"Kami menyerukan kepada pihak berwajib untuk menemukan kelompok yang bertanggung jawab atas insiden itu," sebut mereka.
Dari keterangan Pusat Data Gereja Katolik Meksiko, penyerangan terhadap pastor beberapa tahun terakhir terus meningkat. Sejak 2013 terhitung sudah lebih dari 20 pastor meninggal akibat aksi kekerasan.
Mayoritas para pastor itu tewas di wilayah rawan aksi kekerasan dan perang antar geng, termasuk di Negara Bagian Guerrero.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white