News
·
14 Oktober 2020 11:24

Dubes Sayangkan Diksi 'Pengumuman dari Makkah' Terkait Kepulangan Habib Rizieq

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dubes Sayangkan Diksi 'Pengumuman dari Makkah' Terkait Kepulangan Habib Rizieq (34914)
Bendera bergambar Habib Rizieq Shihab dibawa peserta Reuni 212 di Lapangan Monas, Jakarta, Senin (2/12). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Penggunaan diksi i’lan min Makkah al-Mukarramah yang dipakai massa PA 212 saat mengumumkan kepulangan Habib Rizieq Syihab disayangkan Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.
ADVERTISEMENT
Dia menegaskan, diksi itu tidak boleh sembarangan dipakai. Sebab, otoritas Saudi berpotensi tersinggung.
"Kami menyayangkan pemakaian diksi “i’lan min Makkah al-Mukarramah” (pengumuman dari Kota Suci Makkah) yang bisa menyinggung Kerajaan Arab Saudi karena sangat berpotensi menodai kesucian Kota Makkah sebagai kota turunnya wahyu," ujar Agus kepada kumparan.
Dubes Sayangkan Diksi 'Pengumuman dari Makkah' Terkait Kepulangan Habib Rizieq (34915)
Pengumuman kepulangan Habib Rizieq dari FPI. Foto: Dok. Istimewa
Menurut Agus, penggunaan diksi sama saja bentuk politisasi Kota Suci Makkah.
"Makkah bukan tempat untuk meneriakkan “revolusi” untuk menentang pemerintahan yang resmi dan konstitusional atau dalam bahasa Saudi “Al-Hukumah al-Syar’iyyah” Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Agus.
"Kami berharap semua pihak lebih hati-hati dalam memilih diksi dalam bahasa Arab yang berpotensi menebar masalah. Kata “i’lan” itu biasa diterjemahkan dengan “deklarasi”. Jadi dokumen tersebut bisa dibaca deklarasi revolusi dari Makkah. Coba lihat dalam kamus-kamus istilah diplomatik yang berbahasa Arab," kata Agus.
ADVERTISEMENT
Dalam demo menolak Omnibus Law yang digelar PA 212 di Jakarta pada Selasa (13/10), orator demo sempat mengumumkan rencana kepulangan Rizieq Syihab ke Indonesia. Pengumuman disampaikan dalam rekaman oleh Habib Rizieq menggunakan bahasa Arab, kemudian diterjemahkan massa PA 212 dalam bahasa Inggris dan Indonesia.
Selain itu, dalam keterangan pers FPI yang diterima kumparan, juga terdapat kalimat: Pengumuman dari Kota Suci Mekkah Tentang Rencana Kepulangan IB-HRS.
Rizieq Syihab terbang ke Arab Saudi pada akhir April 2017 untuk umrah dan hingga kini masih berada di sana.