News
·
15 Maret 2020 9:06

Empat Negara Afrika Catatkan Kasus Virus Corona Pertama

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Empat Negara Afrika Catatkan Kasus Virus Corona Pertama (236041)
Kota Kigali di Rwanda Foto: Booking.com
Empat negara di Afrika mencatatkan kasus pertama virus corona mereka pada Sabtu (14/3). Negara-negara tersebut adalah Mauritania, Rwanda, Seychelles, dan Republik Afrika Tengah.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, keempat negara ini menjadikan total ada 23 negara di Afrika yang memiliki kasus virus corona. Mauritania, Rwanda, dan Republik Afrika Tengah mendapatkan masing-masing satu kasus, sementara ada dua kasus di Seychelles.
Sejauh ini virus corona asal China telah menyebar ke 143 negara, dengan lebih dari 150 ribu penderita. Pasien meninggal karena virus corona telah mencapai lebih dari 5.800 orang.
Pekan lalu, WHO telah menetapkan virus corona sebagai pandemi. Muncul kekhawatiran jika virus ini merebak di negara-negara Afrika dengan fasilitas kesehatan yang buruk. Terlebih lagi, banyak negara di Afrika yang masih berhadapan dengan pemberontak, seperti Somalia.
Empat Negara Afrika Catatkan Kasus Virus Corona Pertama (236042)
Mobil yang hancur akibat ledakan bom mobil di sebuah pos pemeriksaan di Mogadishu, Somalia, Sabtu (28/12). Foto: REUTERS/Feisal Omar
Beberapa negara Afrika seperti Rwanda, Senegal, Madagascar, Mauritius, Maroko dan Kenya mengumumkan langkah pencegahan, termasuk melarang perkumpulan publik, menangguhkan penerbangan, dan menutup sekolah serta universitas.
ADVERTISEMENT
"Untuk mencegah wabah masuk ke Madagaskar, seluruh penerbangan yang menghubungkan Madagaskar ke Eropa ditangguhkan selama 30 hari," kata Presiden Madagaskar Hery Rajaonarimampianina.