News
·
9 Maret 2020 4:02

Fakta-fakta Robohnya Hotel Tempat Karantina Corona di China

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fakta-fakta Robohnya Hotel Tempat Karantina Corona di China (9882)
Tim penyelamat mencari korban yang selamat di puing-puing sebuah hotel yang runtuh di Quanzhou, di provinsi Fujian di Cina timur, Sabtu (7/3). Foto: STR / AFP
Hotel Xinjia yang terletak di Provinsi Quanzhou, China, roboh pada Sabtu (7/3) sekitar pukul 19.30 waktu setempat. Saat hotel itu runtuh, terdapat sekitar 71 orang di dalam sana.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari AFP, tenyata Hotel Xinjia saat roboh sedang ditempati oleh pasien yang sedang dikarantina terkait virus corona. Sebab hotel itu ditunjuk pemerintah China sebagai salah satu lokasi karantina pasien.
Saat ini, pihak kepolisian masih menginvestigasi penyebab robohnya hotel itu. Namun, pemilik hotel yang merupakan seorang pria dari marga Yang, sudah dipanggil untuk diminta keterangannya.
Polisi belum memberikan identitas lengkap terkait pemilik Hotel Xinjia.
Berikut fakta-fakta robohnya Hotel Xinjia yang menjadi tempat karantina virus corona:
Fakta-fakta Robohnya Hotel Tempat Karantina Corona di China (9883)
Tim penyelamat mencari korban yang selamat di puing-puing sebuah hotel yang runtuh di Quanzhou, di provinsi Fujian di Cina timur, Sabtu (7/3). Foto: STR / AFP
Berdiri Pada 2018 dan Memiliki Tujuh Lantai
Hotel yang didirikan pada 2018 itu terdiri dari tujuh lantai dan memiliki 80 kamar. Namun belum diketahui penyebab robohnya hotel tersebut.
Sebelum hotel itu roboh, bangunan yang berada di lantai satu sedang dalam tahap renovasi. Selain itu, ada 58 orang sedang menjalani karantina terhadap virus corona. Mereka dinyatakan negatif.
Fakta-fakta Robohnya Hotel Tempat Karantina Corona di China (9884)
Seorang pria dibantu oleh penyelamat saat ia ditarik dari puing-puing sebuah hotel yang runtuh di Quanzhou, di provinsi Fujian di Cina timur, Sabtu (7/3). Foto: STR / AFP
Hingga Minggu (8/3) Sore, 10 Orang Dinyatakan Tewas
ADVERTISEMENT
Hingga Minggu (8/3), pukul 16.00 waktu setempat, sudah 48 orang yang berhasil dievakuasi dari reruntuhan bangunan. Dimana 38 orang dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut.
Sementara untuk korban tewas dilaporkan mencapai 10 orang. Petugas gabungan masih berupaya mencari 23 orang yang tertimbun di dalam reruntuhan.
Fakta-fakta Robohnya Hotel Tempat Karantina Corona di China (9885)
Tim penyelamat bekerja di reruntuhan sebuah hotel yang runtuh di Quanzhou, di provinsi Fujian di Cina timur, Sabtu (7/3). Foto: STR / AFP
Lebih dari 1.000 Orang Dikerahkan Mengevakuasi Korban
Dalam konferensi pers yang disampaikan oleh pemerintah Quanzhou, lebih dari 1.000 orang dilibatkan untuk mengevakuasi korban. Mereka merupakan gabungan dari kepolisian, pemadam kebakaran, dan relawan.
Berdasarkan foto yang beredar, petugas yang menggunakan helm keselamatan terus berupaya menyelamatkan warga yang masih tertimpa bangunan. Selain itu petugas medis juga terus berdatangan ke lokasi kejadian.
ADVERTISEMENT