News27 Juli 2020 19:09

Fakta Sebenarnya soal Pesan Berisi RS di Kelapa Gading Penuh Pasien Corona

Konten Redaksi kumparan
Fakta Sebenarnya soal Pesan Berisi RS di Kelapa Gading Penuh Pasien Corona (38962)
Ilustrasi corona. Foto: Maulana Saputra/kumparan
Beredar pesan berantai dari grup WhatsApp berisi kondisi penyebaran virus corona yang terjadi Kelapa Gading di Jakarta Utara.
ADVERTISEMENT
Salah satu isinya menyatakan Puskesmas Kelapa Gading setiap harinya merujuk 10 pasien corona ke RSD Wisma Atlet. Berdasarkan hal itu pembuat pesan meminta agar masyarakat mewaspadai penyebaran virus corona.
Berikut bunyi pesan berantai itu:
Teman2x semua kasus covid di jakarta masih sangat banyak. Per hari ini ruang isolasi covid di mitra gading full 23 dengaan kondisi yg sedang sampe berat. Setiap ad belasan pasien covid yg positif dan setiap hr dr puskesmas gading ngerujuk 10 an pasien ke wisma atlet. Jadi stay safe jangan keluar dl kl gak perlu... kita masih jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhh dr kelar. Jangan euforia dl. Kasus makin banyak dan makin berat lebih parah dr akhir maret. Gading, sunter dan sekitarnya... daerah lain juga sama semua RS full.. stay safe.. Banyak yg kena abis makan di restoran dimana semua org buka masker krn ruangan AC gak ad ventilasi, banyak yg dpt dr kantor saat makan bareng, banyak yg kena acara ultah keluarga pikirnya aman ternyata ad yg positif gak bergejala
ADVERTISEMENT
Jangan ke mall, jangan lepas masker, jangan makan bareng dl, jangan dine in..
Dear all, ini sharing teman saya yang dokter. Harus sangat ketat untuk menghindari resiko dan menjaga diri kita serta keluarga
Thankyou
Fakta Sebenarnya soal Pesan Berisi RS di Kelapa Gading Penuh Pasien Corona (38963)
Petugas Ambulans Puskesmas Kebayoran Baru, bersiap membawa pasien yang diduga terkena virus Corona di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (2/3). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Terkait pesan tersebut, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan pesan itu hoaks. Menurutnya data yang disampaikan tidak benar.
"Saya rasa yang diedarkan dalam WAG (WhatsApp group) di atas adalah sebagai pesan pengingat sifatnya karena pandemi belum berakhir. Namun data yang disampaikan tidak benar/hoaks," kata Sigit saat dikonfirmasi, Senin (27/7).

Puskesmas Kelapa Gading Tak Pernah Rujuk 10 Pasien Corona dalam Sehari

Dalam data yang dibagikan Sigit, sepanjang bulan Juli Puskesmas Kelapa Gading tidak pernah merujuk 10 pasien corona dalam sehari. Rujukan pasien juga tidak terjadi setiap hari.
ADVERTISEMENT
Pasien dirujuk hanya terjadi pada tanggal 4, 11, 12, 15, 19, 20, 21, 23 dan 26. Jumlah pasien yang dirujuk dari Puskesmas Kelapa Gading terbanyak terjadi pada tanggal 21 Juli, yaitu 6 pasien.
Fakta Sebenarnya soal Pesan Berisi RS di Kelapa Gading Penuh Pasien Corona (38964)
Data penambahan kasus corona di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Foto: Dok. Istimewa
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white