Foto: Demo Besar Imbas Pemecatan Menhan Israel oleh Benjamin Netanyahu

27 Maret 2023 14:38
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
Pemecatan Menhan Yoav Gallant oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Minggu (26/3), berujung pada demonstrasi besar-besaran di Israel.
ADVERTISEMENT
Sebanyak puluhan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan di seluruh penjuru Israel. Massa dalam jumlah besar juga menggelar aksi di depan rumah PM Netanyahu di Yerusalem.
Demi membubarkan massa di depan rumah Netanyahu, polisi sampai menggunakan meriam air. Sedangkan massa di Tel Aviv massa membuat api unggun di beberapa titik jalan raya utama.
Pemecatan berujung demo merupakan imbas dari krisis politik Israel, usai koalisi nasionalis-religius pimpinan Netanyahu berkuasa. Koalisi itu terpecah akibat rencana perombakan sistem peradilan.
Pemecatan Gallant dilakukan usai dirinya mengkritik rencana reformasi peradilan Israel yang digagas pemerintahan Netanyahu.
Orang-orang melakukan demonstrasi setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memecat menteri pertahanan dan pemerintah koalisi nasionalisnya melanjutkan pemeriksaan yudisialnya, di Yerusalem, Senin (27/3/2023). Foto: Ammar Awad/REUTERS