Foto: Kamerun Memulai Vaksinasi Malaria Rutin bagi Anak-anak

23 Januari 2024 13:15 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perjuangan global melawan malaria mengalami kemajuan ketika Kamerun memulai program vaksin rutin pertama di dunia untuk melawan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk malaria.
ADVERTISEMENT
Di sebuah pusat kesehatan di distrik Datcheka, Kamerun utara, 12 anak menerima vaksinasi pada Senin (22/1) pagi, dilansir Reuters. Belum banyaknya anak yang divaksin, karena para orang tua belum mendapat informasi yang memadai tentang vaksin tersebut.
Dalam pembuatannya yang memakan waktu sekitar 40 tahun, vaksin RTS,S yang disetujui WHO, dimaksudkan untuk bekerja sama dengan alat yang sudah ada seperti kelambu untuk memerangi malaria. Di Afrika, malaria telah membunuh hampir setengah juta anak di bawah usia lima tahun setiap tahunnya.
Setelah uji coba yang sukses, termasuk di Ghana dan Kenya, Kamerun menjadi negara pertama yang memberikan dosis melalui program rutin yang ingin diluncurkan oleh 19 negara lain tahun ini, menurut aliansi vaksin global Gavi.
ADVERTISEMENT
Sekitar 6,6 juta anak di negara-negara ini menjadi target vaksinasi malaria pada tahun 2024-2025.
Seorang perawat memberikan vaksin malaria kepada bayi di pusat kesehatan di Datcheka, Kamerun, Senin (22/1/2024). Foto: Desire Danga Essigue/REUTERS