Foto: Para Pemulung Samurai Membersihkan Jalanan Tokyo usai Pesta Halloween

1 November 2023 21:41 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Para pemulung dengan kostum samurai turun ke jalan-jalan di Tokyo pada Rabu (1/11), secara teatrikal menggunakan penjepit sampah dan membuang sisa-sisa sampah dari malam pesta Halloween ke dalam keranjang anyaman di punggung mereka.
ADVERTISEMENT
Mengenakan topi dan tunik hitam-putih bermotif berani, kelompok tersebut, yang dikenal sebagai Gomihiroi Samurai atau samurai pemulung, telah menarik banyak penggemar sejak dibentuk pada tahun 2006, dengan hampir 800.000 pengikut di platform berbagi video TikTok.
Meskipun Jepang terkenal karena kebersihannya, gambaran tersebut tidak sepenuhnya benar, ujar Naka, seorang samurai pemulung selama tujuh tahun, ketika ia mengumpulkan kaleng bir kosong, botol plastik, dan puntung rokok di sebuah distrik yang terkenal dengan kehidupan malamnya.
Perayaan Halloween meninggalkan banyak sampah, karena minum-minum di jalan sudah menjadi hal biasa di kawasan ramai dan tempat wisata, kata Naka.
Penduduk sekitar mengatakan samurai pemulung telah membawa perubahan.
Anggota Gomihiroi Samurai (samurai pemulung), Keisuke Naka dan Ikki Goto, memungut sampah di jalan-jalan Ikebukuro pada pagi hari setelah Halloween, di Tokyo, Jepang, Rabu (1/11/2023). Foto: Issei Kato/REUTERS