Foto: Penyu Olive Ridley di India Terancam Punah

4 April 2024 17:19 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Seorang pekerja departemen kehutanan menunjukkan penyu Olive Ridley yang baru menetas di tempat penetasan pantai Teluk Benggala, di Chennai, India.
ADVERTISEMENT
Kelompok penyu Olive Ridley menghadapi ancaman serius di sepanjang jalur migrasi dan pantai tempatnya bersarang akibat aktivitas manusia seperti praktik penangkapan ikan yang tidak ramah terhadap penyu dan eksploitasi pantai tempat bertelur untuk pelabuhan dan pusat wisata.
Perdagangan internasional melarang perdagangan penyu ini, namun mereka masih banyak diburu untuk diambil telur, daging, dan cangkangnya.
Meskipun telur penyu Olive Ridley ilegal untuk dijual, tetapi masih diperjualbelikan dan memiliki pasar yang sangat besar di wilayah pesisir.
Dalam tiga belas tahun terakhir, lebih dari 130 ribu penyu Olive Ridley dewasa diyakini telah terbunuh secara tidak sengaja karena terjerat jaring pukat dan jaring insang akibat penangkapan ikan yang tidak terkendali di sekitar pantai tempat bertelur pada musim kawin.
Seorang pekerja departemen kehutanan memamerkan penyu Olive Ridley yang baru menetas di tempat penetasan di sepanjang pantai Teluk Benggala, di Chennai, Senin (1/4/2024) Foto: R.Satish BABU / AFP