Foto: Polandia Latih Tentara Ukraina Operasikan Tank Leopard-2

1 Februari 2023 7:54
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pusat pelatihan Swietoszow di Polandia, akan segera menjadi salah satu tempat tentara Ukraina akan belajar mengoperasikan tank Leopard-2. Pusat pelatihan ini dapat melatih awak tank hanya dalam lima minggu jika diperlukan.
Swietoszow di Polandia barat, dekat perbatasan Jerman, adalah salah satu dari tiga lokasi di Eropa di mana tentara dapat belajar cara mengoperasikan tank Leopard.
Sebuah koalisi negara-negara, yang dipimpin oleh Polandia, dibentuk pada bulan Januari untuk menyediakan tank tempur Leopard-2 kepada Ukraina.
Tentara Polandia berjalan di dekat tank Leopard 2PL di Swietoszow, Polandia. Foto: Kuba Stezycki/REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Tentara Polandia berjalan di dekat tank Leopard 2PL di Swietoszow, Polandia. Foto: Kuba Stezycki/REUTERS
Pusat pelatihan ini dilengkapi dengan simulator dan staf dengan instruktur profesional, 14 awak yang terdiri dari empat orang dapat berlatih sekaligus.
Pelatihan biasanya memakan waktu sepuluh minggu tetapi instruktur mengatakan dengan sedikit investasi ini dapat dikurangi menjadi lima minggu.
Nantinya selama pelatihan akan lima kursus di pusat pelatihan Leopard, salah satunya adalah untuk awak tank. Kursus kedua adalah untuk pengemudi tank tempur leopard-2A4, 2A5 dan 2PL.
***