News
·
21 April 2021 10:32

Foto Salat Magrib di Masjidil Haram yang Memukau

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Foto Salat Magrib di Masjidil Haram yang Memukau (486467)
searchPerbesar
Pemandangan jemaah salat di sekitar Ka'bah (mataf), Masjidil Haram. Foto: Twitter/@makkahregion
Sebuah foto yang menunjukkan kerapian barisan salat berjemaah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, viral belakangan ini. Pegiat media sosial banyak yang terpukau dan membagikannya di dunia maya.
ADVERTISEMENT
Foto itu menggambarkan jemaah pria dan wanita yang sedang menunaikan ibadah salat di area mataf. Mataf adalah tempat di sekitar Ka’bah untuk melaksanakan tawaf (mengelilingi Ka’bah 7 kali putaran berlawanan arah jarum jam) dalam rangkaian umrah.
Saat ini, hanya jemaah umrah saja yang diizinkan melakukan ibadah salat berjemaah -- selain tawaf -- di area mataf.
Dalam foto itu, kaum pria mengenakan baju ihram berwarna putih dan kaum wanita mayoritas mengenakan baju warna hitam. Sesuai peraturan salat dalam ajaran Islam, wanita berada di barisan belakang.
Foto itu dinilai menggambarkan keteraturan, penataan yang rapi dan artistik, sekaligus social distancing yang dipegang teguh di masa pandemi corona.
Foto Salat Magrib di Masjidil Haram yang Memukau (486468)
searchPerbesar
Pemandangan jemaah salat di sekitar Ka'bah (mataf), Masjidil Haram. Foto: Twitter/@makkahregion
Foto itu semula diunggah oleh akun resmi pemerintah wilayah Makkah pada 20 April 2021. Tulisan yang disertakan berbunyi “Foto salat Magrib di Masjidil Haram Makkah” .
ADVERTISEMENT
Media online setempat, Sabq, menjelaskan, banyak netizen yang mengagumi foto tersebut sebagai pemandangan yang mewujudkan spiritualitas umat Islam yang menyatukan antara keimanan dan kepatuhan mengikuti protokol kesehatan.
Ada juga netizen yang menyebutnya sebagai gambaran dari Makkah untuk dunia.
Penataan dengan jaga jarak yang cukup lebar di Masjidil Haram memang sudah lama dilakukan. Tepatnya sejak masjid terbesar di dunia ini buka untuk umum setelah sempat tutup 7 bulan pada tahun 2020 akibat pandemi corona.

Jemaah Makin Banyak di Bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan, kapasitas jemaah yang diizinkan untuk umrah dan salat wajib di Masjidil Haram ditambah. Hal ini membuat area mataf juga lebih penuh dibandingkan pada masa sebelum Ramadhan.
Foto Salat Magrib di Masjidil Haram yang Memukau (486469)
searchPerbesar
Salat Jumat bertempat di mataf Masjidil Haram. Foto: Twitter/@makkahregion
Meski jemaah makin banyak, tapi prokes tetap nomor satu. Jemaah harus mendapatkan izin legal lewat aplikasi. Aplikasi itu juga memonitor kesehatan jemaah.
ADVERTISEMENT
Hanya jemaah yang telah divaksin atau sembuh dari COVID-19 pada durasi tertentu saja yang akan mendapat izin beribadah ke Masjidil Haram.
Jemaah juga harus memakai masker, membawa alas salat sendiri, dan menjaga jarak. Jarak dua meter diterapkan antarjemaah salat.
Sementara itu, jemaah yang hanya salat wajib dan tidak umrah, menempati bagian dalam area masjid.