News
·
8 Juni 2021 13:06
·
waktu baca 1 menit

Foto: Singa Laut California Mengidap Kanker

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Foto: Singa Laut California Mengidap Kanker (3927)
searchPerbesar
Seekor singa laut California yang dibius yang diduga menderita kanker menunggu USG di Pusat Mamalia Laut di Sausalito, California, AS, Kamis (27/5). Foto: Nathan Frandino/REUTERS
Seekor singa laut betina dewasa diduga mengidap kanker tengah menjalani pemeriksaan di Pusat Mamalia Laut di Sausalito, California, AS, Kamis (27/5).
ADVERTISEMENT
Singa laut ini ditemukan di pantai San Luis Obispo County dengan kondisi yang sangat kurus. Kepalanya bergoyang-goyang dan tidak lari saat orang-orang mendekatinya, seperti dikutip Reuters.
Setelah singa laut dibius dan diintubasi di sel karantina di halaman pusat untuk USG, tanda-tanda yang lebih mengkhawatirkan muncul.
Foto: Singa Laut California Mengidap Kanker (3928)
searchPerbesar
Dokter mengeluarkan tabung dari singa laut California setelah cek kesehatan di Pusat Mamalia Laut di Sausalito, California, AS, Kamis (27/5). Foto: Nathan Frandino/REUTERS
"Itu ginjal yang sangat, sangat buruk," kata ata Dr. Cara Field, direktur medis di Pusat Mamalia Laut di Sausalito, ia membungkuk di atas singa laut sambil melihat layar ultrasound. "Dengan kanker, dan kankernya telah menyebar," lanjutnya.
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Desember di Frontiers in Marine Science, hampir 25% singa laut California dewasa berakhir dengan kanker ini, prevalensi kanker tertinggi pada mamalia mana pun, termasuk manusia.
ADVERTISEMENT
Dalam penelitian ditemukan dua penyebab utama di balik tingkat kanker yang tinggi, yaitu pestisida kimia yang telah lama dilarang seperti DDT dan polychlorinated biphenyls (PCB) yang ditemukan di jaringan lemak singa laut, dan adanya virus herpes penyebab kanker yang dikenal sebagai virus herpes Otarine. (OtHV-1).