News
·
6 November 2020 15:44

Fredrich Yunadi Gugat Setnov dan Istri Rp 2,2 Triliun terkait Biaya Pengacara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fredrich Yunadi Gugat Setnov dan Istri Rp 2,2 Triliun terkait Biaya Pengacara (27584)
Fredrich Yunadi di pengadilan Tipikor Jakarta Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Advokat Fredrich Yunadi menggugat Setya Novanto dan istrinya, Deisti Astriani, sebesar Rp 2,2 triliun. Hal itu terkait biaya pengacara.
ADVERTISEMENT
Dalam gugatannya, Fredrich mempermasalahkan biaya pengacara untuknya yang dia nilai tidak dibayarkan Setnov. Ia pun menggugat Setnov dan istrinya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
"Menyatakan perbuatan TERGUGAT I dan TERGUGAT II yang tidak membayar seluruh biaya Jasa Kuasa Hukum kepada PENGGUGAT merupakan perbuatan Wanprestasi," bunyi petitum gugatan Fredrich atas Setnov dikutip dari situs PN Jaksel, Jumat (6/11).
Fredrich merupakan pengacara Setnov saat mantan Ketua DPR itu terjerat kasus e-KTP di KPK. Namun, Fredrich juga kemudian turut dijerat karena dinilai menghalangi penyidikan KPK atas Setnov.
Fredrich Yunadi Gugat Setnov dan Istri Rp 2,2 Triliun terkait Biaya Pengacara (27585)
Istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Setnov dihukum 15 tahun penjara. Sementara Fredrich dijatuhi hukuman 7,5 tahun penjara.
Total nilai ganti rugi yang digugat Fredrich nilainya lebih dari Rp 2 triliun. Baik materil maupun imateril. Ia bahkan menghitung kerugian yang dia dapat lantaran pidana penjara yang menjeratnya.
ADVERTISEMENT
Berikut rinciannya:

Kerugian Materil

  • 14 Legal Action (upaya hukum) x Rp 2 miliar per-Legal Action (tiap upaya hukum) = Rp 28 miliar.. Angka itu dikurangi Rp 1 miliar yang sudah dibayar. Sehingga sisanya ialah Rp 27 miliar.
  • 2% x Rp. 27 miliar per bulan bilamana dihitung dengan nilai investasi suku bunga bank. Terhitung sejak somasi disampaikan dan diterima Tergugat I pada bulan Oktober 2019 hingga putusan perkara ini berkekuatan hukum tetap.

Kerugian imateril

  • 1 bulan pidana kurungan = Rp 62.500.000 x 90 bulan (total masa pidana kurungan terhadap Fredrich). Totalnya ialah Rp 5.625.000.000.
  • Uang tunai pembayaran denda sebesar Rp 500 juta
  • Kehilangan pemasukan nafkah sebesar Rp 25 miliar per bulan x 90 bulan (total masa pidana kurungan terhadap Fredrich. Jumlahnya ialah Rp 2.250.000.000.000.
ADVERTISEMENT
"Total Rp 2.256.125.000.000," bunyi gugatan Fredrich.
Fredrich Yunadi Gugat Setnov dan Istri Rp 2,2 Triliun terkait Biaya Pengacara (27586)
Setya Novanto Foto: ANTARA/Agung Rajasa
Ia meminta hakim menghukum Setnov dan istri membayar uang paksa sebesar Rp 100 juta per hari bila putusan tidak dipatuhi. Selain itu, ia juga meminta Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan sah dan berharga sita jaminan terhadap aset milik Setnov.
ASet yang dimaksud ialah tanah dan bangunan seluas 290 m2 di Kebon Jeruk serta tanah dan bangunan yang terletak di Jalan Wijaya XIII milik Setnov.
Masih dalam gugatannya, ia pun melampirkan 14 Surat Kuasa Khusus. Menurut dia, Surat Kuasa itu sah secara hukum kesepakatan pembayaran biaya Jasa Kuasa Hukum antara dirinya dengan Setnov dan istrinya.
Gugatan Fredrich tercatat sudah didaftarkan sejak 20 Maret 2020. Sidang pun sudah bergulir di PN Jaksel karena mediasi tak berhasil.
ADVERTISEMENT
Per tanggal 7 Oktober 2020, sidang sudah memasuki agenda pengjuan bukti dari pihak Tergugat.