kumparan
search-gray
News25 April 2018 19:17

Gangguan Jantung, Eks Presiden Italia Dioperasi

Konten Redaksi kumparan
Gangguan Jantung, Eks Presiden Italia Dioperasi (91329)
Eks Presiden Italia Giorgio Napolitano. (Foto: AFP/Alberto Pizzoli)
Mantan Presiden Italia, Giorgio Napolitano, dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani operasi jantung. Pria 92 tahun tersebut ada dalam kondisi stabil setelah tindakan medis itu dilakukan.
ADVERTISEMENT
Napolitano diketahui terserang kebocoran aorta yang merupakan jaringan arteri terbesar di tubuh.
"Operasinya berhasil dan ini memang memerlukan tindakan medis yang rumit," sebut Dokter Unit Operasi Jantung Rumah Sakit Carmilo Roma, Fransesco Musumeci, seperti dikutip dari AFP, Rabu (25/4).
Gangguan Jantung, Eks Presiden Italia Dioperasi (91330)
Eks Presiden Italia Giorgio Napolitano. (Foto: AFP/Tiziana Fabi)
"Jantungnya kembali berfungsi, sekarang kami tinggal menunggu," sambung dia.
Napolitano ada di kursi Presiden Italia dari 2006-2015. Ia disebut-sebut sebagai tokoh pembawa kestabilan di Italia saat negara itu dihantam masalah politik.
Selain masalah politik, selama Napolitano menjadi Presiden, Negeri Pizza itu juga dihantam resesi ekonomi terparah pascaperang.
Lahir di Naples pada 1925, Napolitano berasal dari keluarga intelektual. Saat Perang Dunia II pecah dia merupakan tokoh perlawanan terhadap Nazi dan kelompok fasisme.
ADVERTISEMENT
Napolitano dikenal pula sebagai pendiri Partai Komunis Italia. Lewat parpol itu pria ini terpilih menjadi anggota dewan pada 1953.
Setelah perang Uni Soviet runtuh, Partai Komunis Italia dilarang beroperasi dan dibubarkan, Napolitano melanjutkan karier politik dengan masuk ke Partai Demokrat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white