Ganjar: IG Mahfud Sudah Kembali, Saya Minta Kominfo-BSSN Usut

16 Januari 2024 19:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
4
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Capres 03 Ganjar Pranowo di Pasar Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah. Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Capres 03 Ganjar Pranowo di Pasar Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah. Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan
ADVERTISEMENT
Akun Instagram milik Menko Polhukam sekaligus cawapres nomor urut 03, Mahfud MD, sempat diretas, Selasa (16/1). Namun, menurut capres pasangannya, Ganjar Pranowo, saat ini akun tersebut sudah kembali ke tangan Mahfud.
ADVERTISEMENT
"Alhamdulillah akun Pak Mahfud sudah kembali. Tapi jangan lupa main X lagi ya Pak, ini banyak yang nunggu lho," kata Ganjar melalui akun X miliknya, dikutip Selasa (16/1).
Sementara itu, di saat yang sama, usai blusukan di Batang, Jawa Tengah, Ganjar juga berkomentar soal insiden peretasan IG Mahfud itu. Ia berharap Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) dan Kominfo bisa membantu.
"Diretas? Oke, mudah-mudahan dari Badan Siber dan Kominfo bisa membantu. Tapi kelihatannya nanti saya cek. Tim saya akan bekerja nanti. Kami akan bisa membereskan sendiri soal ini," ucap Ganjar di Batang, Selasa (16/1).
Ganjar juga menegaskan, masalah keamanan sistem dan siber masih menjadi PR besar bagi Indonesia. Tema ini juga sempat dibahas dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar Minggu (7/1) lalu.
ADVERTISEMENT
"Maka security system kita, keamanan siber kita, rasanya memang perlu mendapatkan perhatian. Ya kalau sudah seperti Pak Mahfud saja bisa diretas, jangan-jangan yang lain juga mudah [diretas]. Maka ini PR penting," tandasnya.

Diretas dan Unggah Video Israel

Instagram Mahfud MD dihack. Foto: Instagram/@mohmahfudmd
Berdasarkan penelusuran kumparan pada Selasa (16/1) siang, terlihat akun milik Mahfud @mohmahfudmd memposting sebuah video. Video itu memperlihatkan sejumlah tentara Israel sedang saling oper bola.
Selain itu, postingan itu disertai tulisan berbahasa Israel yang artinya 'God is above me, who can control me?' atau 'Tuhan menyertaiku, siapa yang dapat mengontrol saya'.
Hingga pukul 16.40 WIB, postingan itu masih ada. Kolom komentar sudah ramai oleh berbagai komentar netizen.