kumparan
30 Januari 2020 15:54

Gerindra Heran Mulan Jameela Dipanggil Kasus MeMiles: Dia Hanya Nyanyi

Mulan Jameela (NOT COVER)
Mulan Jameela. Foto: Ronny/kumparan
Kasus investasi bodong MeMiles turut dibahas dalam rapat kerja Komisi III DPR dengan Kapolri Jenderal Idham Azis dan jajarannya. Salah satunya terkait rencana pemanggilan penyanyi sekaligus anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Mulan Jameela.
ADVERTISEMENT
Anggota Komisi III Fraksi Gerindra Habiburokhman menanyakan rencana Polda Jawa Timur yang ingin memanggil Mulan sebagai saksi kasus investasi bodong MeMiles.
Sebab, menurut Habiburokhman, pemanggilan istri Ahmad Dhani itu kurang tepat karena Mulan hanya sempat mengisi acara sebagai penyanyi, bukan menjadi member investasi bodong tersebut.
Anggota DPR Komisi III Habiburokhman
Anggota DPR Komisi III Habiburokhman. Foto: Mirsan Simamora/kumparan
"Pemanggilan kepada Mulan Jameela saya ikuti betul saya cek betul, apa kaitannya orang yang perform yang hanya bernyanyi, ada kontrak, ada kewajiban. Apa ada dengan tindak pindana investasi bodong ini?" tanya Habiburokhman di Gedung DPR, Senayan, Kamis (30/1).
Ketua DPP Bidang Hukum Gerindra itu meminta pihak kepolisian kembali mempertimbangkan dampak bagi Mulan jika pemanggilan tetap berlangsung.
"Kalau dia member oke, karena pemanggilan orang itu sebetulnya tidak nuansa hukumnya saja. Ada nuansa social cost, sosial bagi orang-orang yang dipanggil namanya akan diberitakan, kemudian pemberitaannya digoreng macam-macam," tuturnya.
Rapat kerja komisi III DPR RI dengan Kapolri Idham Azis
Kapolri Jenderal Idham Azis saat mengadakan rapat kerja bersama Komisi III DPR , Kamis (30/1). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Menanggapi permintaan Habiburokhman, Idham akan menyampaikan ke Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan untuk melihat kebutuhan yang diperlukan dalam pemanggilan Mulan. Idham mengatakan, posisi Mulan sebagai public figure sekaligus anggota dewan jadi sesuatu yang tak biasa.
ADVERTISEMENT
"Insyaallah saya sampaikan sama Pak Kapolda Jatim tentang pemanggilan Mulan Jameela, dilihat dulu asas manfaat dan mudaratnya. Memang karena artis mungkin ini pak, jadi manggil yang biasa-biasa saja mungkin enggak terlalu booming," jelas Idham.
Pelantikan DPR RI, Mulan Jameela
Penyanyi Mulan Jameela menghadiri pelantikan anggota DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Habiburokhman kemudian meminta polisi lebih berhati-hati dalam melakukan penyelidikan. Ia menuturkan, jika memang saksi dianggap kurang relevan, maka pemeriksaan tak dapat dilanjutkan.
"Menurut saya lebih hati-hatilah dalam melakukan penyidikan hal tersebut. Mungkin banyak saksi, tapi kalau tidak relevan buat apa juga membuang-buang tenaga. Memang ada pemberitaan, tapi tolong juga dipertimbangkan kepentingan orang," tutup Habiburokhman.
Rencana pemanggilan Mulan Jameela terkait kasus MeMiles sudah direncanakan sejak pekan lalu. Namun, hingga kini Polda Jatim belum melakukan pemanggilan terhadap Mulan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan