kumparan
31 Agustus 2018 17:45

Gerindra Jawab Isu soal Koran The Independent Observer

Ahmad Muzani
Ahmad Muzani, Sekjen Gerindra. (Foto: Ferio Pristiawan/kumparan)
Sebuah koran terbitan Indonesia berbahasa Inggris, The Independent Observer ramai menjadi perbincangan publik. Penyebabnya, headline yang ditampilkan koran tersebut memuat judul yang cukup menohok.
ADVERTISEMENT
Di halaman depan koran tersebut dituliskan The Prabowo-Sandiaga - Jokowi-Ma'ruf Face-Off: 'New Hope vs Unfulfilled Promises'. Judul headline lain yang pernah dimuat adalah Jokowi's Broken Political Promises. Sehingga, koran tersebut menjadi perdebatan di media sosial dan menjadi bahan untuk saling serang antara kubu Prabowo dan Jokowi.
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengakui bahwa koran The Independent Observer itu diterbitkan oleh sekelompok orang yang memiliki kedekatan dengan Prabowo Subianto.
“Ya memang ada beberapa sekelompok orang yang dekat dengan Pak Prabowo yang mencoba membuat penerbitan itu setahu saya ya, harian berbahasa Inggris,” kata Muzani di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (31/8).
Namun, Muzani memastikan, koran tersebut sama sekali tidak terafiliasi dengan Partai Gerindra. Menurutnya, sekelompok orang itu memiliki kepedulian terhadap pemberitaan dan suasana pers yang berimbang, sehingga akhirnya menerbitkan media massa berbahasa Inggris, The Independent Observer.
ADVERTISEMENT
“Tetapi kaitannya itu pasti tidak ada kaitannya dengan Gerindra baik langsung maupun tidak langsung. Dan sekelompok orang itu adalah orang-orang yang memiliki kepedulian terhadap pemberitaan dan suasana pers yang lebih berimbang. Karena itu menerbitkan media ini dalam bahasa Inggris tapi dalam versi cetak,” ujar Wakil Ketua MPR itu.
Koran The Independent Observer.
Koran The Independent Observer. (Foto: dok istimewa)
Muzani mengatakan, ia tidak mengetahui sejauh mana komunikasi dan kedekatan yang dibangun kelompok dari The Independent Observer dengan Prabowo.
“Saya tidak tahu bagaimana koordinasi hubungannya dengan Pak Prabowo. Tapi rasanya saya kira bisa iya, bisa enggak hubungan-hubungan itu. Tapi kalau dengan partai (Gerindra) saya pastikan nggak ada kaitannya,” tutup Muzani.
Dihimpun dari berbagai sumber, Koran Independent Observer adalah koran berita nasional berbahasa inggris dengan skala distribusi nasional yang terbit mingguan yang dicetak untuk dapat mencakup wilayah edar seluruh Indonesia dengan jumlah cetak 30.000 eksemplar. Koran ini diterbitkan oleh PT Media Pandu Bangsa.
ADVERTISEMENT
Ketika kumparan mencoba menghubungi pihak The Independent Observer, mereka belum bisa menjawab secara detail terkait hubungannya dengan Prabowo tersebut karena petinggi koran tersebut tidak sedang berada di kantor.
"Maaf saya tidak berhak menjawab terkait hal itu, bisa menghubungi kami lagi hari Senin," kata Esti, salah satu pegawai The Independent Observer.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan